Manfaat Tanaman Pandan, Bisa Menjaga Ikan di Kolam

daun pandan
ILUSTRASI kolam ikan dikelilingi tanaman pandan. foto net/ruber.id

BERITA TIPS & HOBI, ruber.id – Selama ini kita menggunakan daun pandan untuk menambah aroma atau wangi pada berbagai masakan. Terutama dalam pembuatan makanan penutup.

Namun siapa sangka, tanaman pandan juga bisa menjaga ikan di kolam dari gangguan hewan predator atau pemangsa ikan. Pohon yang tingginya bisa mencapai 1-2 meter ini memiliki aroma khas yang serupa dengan bau musang.

Tak sedikit pembudidaya ikan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat mengeluh lantaran ikan yang dibudidayakan sering habis dimangsa hewan predator. Seperti séro (berang-berang) dan burung beluk jampuk.

Persoalan tersebut kini bisa diatasi dengan menanamkan pohon yang memiliki nama ilmiah Pandanus Amaryllifolius di sekeliling kolam ikan. Seperti yang dilakukan Dedi, 50, salah seorang pembudidaya ikan warga Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar.

Baca juga:  Penanaman 2.7 Juta Bibit Mangrove di Indonesia Melibatkan Tagana

“Serangan hewan predator ke kolam ikan sudah teratasi. Sekeliling kolam ditanami pohon pandan sekaligus dikasih penerangan (listrik). Aroma daun pandan itu kan serupa dengan bau musang, sedangkan séro paling takut sama musang,” kata Dedi.

Sementara, dengan adanya penerangan listrik di area kolam juga bisa mengusir burung beluk jampuk. Salah satu dari beberapa jenis burung hantu ini tak akan berani untuk memangsa ikan apabila ada cahaya terang.

“Upaya tersebut dapat dilakukan oleh pembudidaya ikan dengan biaya yang sangat minim. Namun hasilnya bisa memuaskan. Alhamdulillah, ikan di kolam saat ini jarang diserang hewan-hewan predator,” terangnya.

Di Indonesia sendiri, pandan biasa tumbuh subur di pekarangan rumah atau di tepi-tepi selokan. Daun pandan juga sering digunakan oleh masyarakat sebagai pewangi atau bumbu dalam membuat aneka menu makanan dan minuman.

Baca juga:  Program Moderasi Beragama di Pangandaran Direspons Bakesbangpol

Selain memiliki aroma wangi dan cita rasa yang manis, kandungan daun pandan juga dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi air rebusan daun pandan. (CW-02)

BACA JUGA: Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Berminyak, Berjamur dan Baret