27.4 C
Indonesia
Selasa, September 28, 2021
spot_img

Sumedang Jadi Tuan Rumah Festival Keraton Nusantara 2021

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Kabupaten Sumedang akan menjadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara (FKN) Tahun 2021. Rencananya FKN akan digelar 20-22 September 2021.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti mengatakan hal tersebut. Saat kunjungan berikut silaturahmi dengan keluarga besar Keraton Sumedang Larang, di Museum Srimanganti, Sumedang, Sabtu (21/8/2021).

La Nyalla berharap, kunjungannya ini dapat membangun sinergi dengan Keraton Sumedang Larang. Terutama, dalam membangun momentum kesadaran anak bangsa tentang peran penting Kerajaan.

“DPD berkomitmen untuk terus medorong terwujudnya upaya pelestarian budaya. Termasuk digelarnya Festival Keraton Nusantara ini,” ucapnya.

La Nyalla menjelaskan, Festival Keraton Nusantara 2021 ini rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Sumedang pada 20-22 September 2021, mendatang.

BACA JUGA:  Melihat Prosesi Jamasan, Ngumbah Pusaka Koleksi Museum Tosan Aji Purworejo
BACA JUGA:  BPD Prabowo Sandi Sumedang Yakin Pertahankan Kemenangan

“Kami berharap, Festival Keraton Nusantara menjadi momentum serta tonggak dalam membangun kesadaran. Untuk terus mempertahankan budaya,” jelasnya.

La Nyalla mengapresiasi atas kerja keras pihak Keraton Sumedang Larang dalam menjaga adat istiadat Sunda. Di mana, mampu mempertahankan hal ini sehingga dapat dikenal oleh anak bangsa, hingga saat ini.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas pengharagaan yang diberikan. Yakni menjadi Dewan Kehormatan Keraton Sumedang Larang,” katanya.

Sementara, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menyebutkan, kehadiran ketua DPD RI beserta rombongan merupakan sebuah kehormatan. Terutama bagi Pemkab Sumedang untuk bisa lebih meningkatkan kinerja. Dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan. Khususnya, dalam mengembangkan kebudayaan.

Dony menjelaskan, Kabupaten Sumedang saat ini sedang berupaya untuk terus mengakselerasi
pembangunan. Khususnya, di bidang infrastruktur, industri, dan pariwisata.

BACA JUGA:  Tempat Isolasi Mandiri Terpusat di Desa Belum Optimal, Bupati Sumedang Khawatir Muncul Transmisi Penyakit
BACA JUGA:  Kembangkan Kompetensi ASN, Pemkab Sumedang Gandeng Bank bjb

Untuk infrastruktur, sambung Dony, pada akhir tahun ini, Tol Cisumdawu sudah selesai. Di mana, ada enam exit tol di Sumedang yang juga akan menjadi tempat wisata unggulan.

“Akan disiapkan pula atraksi khusus di tempat wisata tersebut. Nantinya, akan mendorong Kabupaten Sumedang sebagai Puseur Budaya Sunda,” jelasnya. (R003)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles