CIAMIS  

Sukseskan Program Gerakan Magrib Mengaji, Bupati Ciamis Terjunkan Tim Pemantau

SPANDUK program magrib mengaji dan salat berjamaah terpasang di sejumlah lokasi strategis di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Ahada (15/9/2010). dang/ruber.id

CIAMIS, ruber.id — Pemkab Ciamis, Jawa Barat mengeluarkan surat edaran terkait program gerakan magrib mengaji dan salat berjamaah, belum lama ini.

Dengan adanya program ini, seluruh jajaran pemerintahan mulai dari tingkat RT, desa hingga tingkat kecamatan telah langsung menyosialisasikannya.

Sosialisasi dilakukan melalui media spanduk, yang dipasang di sejumlah tempat strategis di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis.

BACA JUGA: Pemkab Ciamis Diminta Buat Kawasan Tanpa Rokok

Bupati Ciamis Herdiat menyebutkan program magrib mengaji dan salah berjamaah ini tidak akan pernah berhasil tanpa adanya dukungan dari seluruh pihak.

Baca juga:  Melancong ke Situ Wangi Masih Gratis

Khususnya, kata Herdiat, dari seluruh orang tua di Kabupaten Ciamis untuk mengajak anak-anaknya salat di masjid.

Untuk itu, Herdiat mengajak, semua pihak untuk membimbing anak-anak, remaja khususnya, di lingkungan masing-masing untuk memupuk dan membudayakan magrib mengaji, baik di rumah maupun di masjid.

“Diharapkan, melalui program ini, ke depan dapat melahirkan generasi penerus Islam yang berkualitas dan mampu menjawab tantangan zaman,” kata Herdiat.

Herdiat menjelaskan, nantinya, dalam pelaksanaannya, ia pun akan menerjunkan tim pemantau, agar program ini dapat berjalan secara maksimal.

Herdiat mengaku, telah menugaskan para kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) untuk turun langsung ke lapangan.

Dengan harapan, kata Herdiat, dapat melihat secara langsung pelaksanaannya. Apakah nantinya berjalan lancar atau tidak.

Baca juga:  Anggota DPRD Ciamis Gugat Balik Mantan Istrinya di Polda Jabar

“Tentunya, agar berjalan dengan baik, ini harus dipantau, apakah dilaksanakan atau tidak di tiap wilayah, khususnya kegiatan magrib mengaji.”

“Jangan sampai nantinya, programnya dapat dilaksanakan secara terus menerus. Jangan sampai berjalan sesaat setelah itu dibiarkan. Karena itu, perlu ada pendamping agar program ini dapat berjalan,” ujar Herdiat.

Melalui program ini, Herdiat juga mengajak kepada seluruh warga di wilayah Tatar Galuh Ciamis untuk senantiasa memakmurkan masjid.

Minimal, lanjut Herdiat, setiap salat lima waktu, dilaksanakan berjamaah di masjid-masjid terdekat.

Diketahui, paskaprogram ini digulirkan Bupati Ciamis Herdiat, sejumlah kantor pemerintah dan masjid serta di tempat strategis lainnya di wilayah Ciamis telah tampak terpasang spanduk berisi ajakan gerakan magrib mengaji dan salat berjamaah ini.

Baca juga:  Saat Sidak Bupati Herdiat Lihat Antrean Panjang Pasien di RSUD Ciamis

BACA JUGA: Tangan ASN Dingin Saat Salami Bupati Ciamis, Herdiat: Tak Perlu Khawatir, Kami Akan Profesional

Kegiatan magrib mengaji di Ciamis sendiri, sebenarnya telah berjalan sejak lama.

Salah satunya, di Masjid Al Anwar yang berlokasi di Dusun Majalaya, Desa Imbanagara Raya, Kabupaten Ciamis.

Di mana, di masjid ini, anak-anak melaksanakan salat berjamaah magrib, lalu mengaji sampai tiba azan isya. Hal ini juga terlihat di sejumlah perkampungan di wilayah Kabupaten Ciamis. dang