21.4 C
Indonesia
Rabu, Desember 1, 2021

Rekomendasi Air Purifier untuk Mencegah Penularan Covid-19

BERITA TEKNO, ruber.id – Menurut penelitian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di AS, alat penyaring udara dengan teknologi high effiency particulate air (HEPA) dapat mencegah penularan COVID-19 dalam ruangan.

Berikut ini adalah rekomendasi air purifier atau penjernih udara yang memiliki filter HEPA. Perangkat ini terkoneksi dengan internet sehingga merupakan cara pintar untuk menangkal virus.

HEPA merupakan jenis filter udara mekanis yang dapat menyaring 99,97% debu, serbuk sari, jamur, bakteri, dan partikel apa pun dengan ukuran 0,3 mikron.

Pengembangan filter HEPA dimulai sejak Perang Dunia II. Pada masa itu, ilmuwan di Amerika menciptakan filter HEPA untuk menangkap partikel radioaktif yang dilepaskan selama pembuatan bom atom. Kini, filter HEPA ditambahkan ke dalam perangkat penjernih udara.

BACA JUGA:  Tips Menghilangkan Jejak Digital, Biasakan dari Sekarang

Samsung Air Purifier

Untuk menjaga kualitas udara tetap baik dan bersih di dalam rumah, Samsung Air Purifier menggunakan tiga filter di dalamnya. Lapisan pertama adalah pre-filter yang menyaring debu ukuran besar, sedangkan lapisan kedua berupa activated carbon yang menetralisir bau dan gas berbahaya. Lapisan ketiga ada filter HEPA untuk menyaring partikel super kecil termasuk virus dan bakteri.

Keunggulan Samsung Air Purifier ini memberikan tiga arah aliran udara dan bisa menghemat ruang karena menempel di tembok. Perangkat ini terkoneksi dengan smartphone sehingga bisa dioperasikan dari jauh. Perangkat ini tersedia mulai dari Rp 2,5 juta.

Xiaomi Mi Air Purifier 3C

Dengan Xiaomi Mi Air Purifier 3C, udara di rumah tetap bersih sepanjang hari. Selain filter HEPA, perangkat ini bisa memasok udara bersih sebanyak 320 meter kubik per jam tanpa suara bising.

BACA JUGA:  Belanja Apa Saja Lebih Mudah via TikTok Shop

Perangkat ini dilengkapi sistem sirkulasi tiga dimensi 360 derajat sehingga dapat memurnikan udara dalam ruangan 106 meter persegi dalam satu jam. Di bagian depan ada layar LED yang menampilkan informasi kadar partikel PM2.5, status wi-fi, dan mode pengoperasian.

Pengguna dapat mengoperasikannya lewat aplikasi Mi Home dan Google Assistant. Perangkat ini dijual seharga Rp 1,6 jutaan.

LG PuriCare 360 Air Purifier

Rekomendasi air purifier dari LG ini dibekali sistem penyaringan udara Safe Plus FIlter dan Ionizer. Raksasa teknologi dari Korea Selatan ini menggabungkan H13 Grade HEPA dan Ionizer untuk untuk menghilangkan bakteri dan virus.

Dengan adanya smart indicator, pengguna dapat memantau proses pembersihan udara melalui smartphone. Ketika perangkat diaktifkan, smart indicator ini akan mendeteksi kualitas udara dalam ruangan dan menampilkan melalui lampu dengan warna berbeda-beda. Dikutip dari laman resminya, perangkat ini dibanderol seharga 1,299 USD. (CW-004/Dewi)

BACA JUGA:  Lima Hape China Tingkat Dewa, Bikin Keder iPhone

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles