Kebiasaan Ini Bisa Membuat Malu saat Mengendarai Mobil Matik

  • Bagikan
mobil matik
PEDAL gas dan rem pada mobil matik. foto net/ruber.id

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Mobil matik hadir untuk memudahkan cara berkemudi. Sama halnya dengan motor matik. Mobil tanpa memainkan gigi ini diminati banyak orang, lantaran pengoperasiannya lebih mudah ketimbang mobil biasa atau manual.

Pengemudi yang tidak harus memikirkan kopling menjadi lebih santai dalam berkendara di jalan.
Mendengar dari pendapat orang lain, pengguna mobil matik didominasi oleh perempuan.

Akan tetapi pada kenyataannya, tidak sedikit kalangan pria yang menggunakan mobil tersebut. Alasannya tentu sama saja, mereka ingin lebih santai di jalan. Hal ini semakin meningkatkan peminat dari mobil tak bergigi itu.

Berbicara mengenai mobil matik, tahukah Anda jika mengemudikan mobil ini sebaiknya hanya menggunakan satu kaki saja. Karena tidak ada kopling yang harus diinjak.

Baca juga:  Perhatikan Ini, Lampu Mobil Dimodifikasi Bisa Mengakibatkan Kebakaran

Lalu apakah tidak boleh memakai dua kaki? Boleh-boleh saja dan tidak ada yang melarangnya. Hanya saja, satu kaki lebih efektif dan bisa mengistirahatkan kaki satunya.

Kendati letak gas dan rem dekat dengan kaki kanan, sebaiknya ketika mengemudi pakailah kaki kanan saja. Jika menggunakan kedua kaki akan ada dampak yang bisa mencelakai diri sendiri. Bahkan bisa membuatmu malu.

Berikut ini dampak yang akan Anda dapatkan jika mengemudikan mobil matik menggunakan kedua kaki:

Mobil Berhenti Mendadak
Mobil yang Anda kemudikan di jalan akan mendadak berhenti apabila kaki kiri tanpa sengaja menginjak pedal rem. Pada mobil manual biasa, kaki kiri kerap digunakan pada pedal kopling.

Baca juga:  Trik Cantik Putar Balik Mobil Tanpa Membahayakan Diri Sendiri

Sehingga kaki kiri sering aktif. Nah apabila Anda memakai dua kaki, dikhawatirkan kaki kiri itu menginjak rem, seolah menginjak pedal kopling karena saking terbiasanya.

Dan otomatis mobil akan berhenti sendiri di jalan. Peristiwa ini akan mencelakai diri sendiri jika ada mobil di bekalangnya yang melaju kencang. Bahkan bisa saja membuatmu Anda malu.

Kaki Kanan Masih Menginjak Gas
Ketika Anda sudah terbiasa menggunakan kaki kanan, maka ketika mengerem kaki tersebut akan berpindah ke pedal rem. Kebiasaan itu sulit dihilangkan.

Sehingga saat menggunakan kaki kiri, maka saat mengerem pun tanpa sadar kaki kanan masih menginjak gas. Tentu saja dampaknya akan sangat berbahaya.

Baca juga:  Ini Peran Penting Kaca Spion Mobil yang Wajib Diketahui

Kedua dampak besar tersebut perlu diwaspadai. Ikuti anjuran dengan hanya menggunakan satu kaki saja, yakni kaki kanan. Supaya hal-hal yang tidak diinginkan Anda alami. (CW-06/khairul anam)

BACA JUGA: Timbul Jamur pada Kaca Mobil? Begini Cara Ampuh Membersihkannya

  • Bagikan