oleh

Pesan Dandim Garut pada Gerakan Peduli Lingkungan HUT ke 75 TNI

Ayo gunakan hak pilihmu!

BERITA GARUT, ruber.id – Dalam rangka memperingati HUT ke-75 TNI, Kodim 0611/Garut melakukan program penghijaun melalui penanaman 1270 pohon di Desa Lingkung Pasir, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut, Rabu (23/9/2020).

Gerakan penanaman pohon sendiri dilakukan sebagai upaya mencegah terjadinya bencana alam seperti halnya erosi dan sekaligus menjaga kelestarian hutan.

Dalam kesempatan ini, Dandim 0611/Garut Letkol Czi Deni Iskandar mengatakan, kegiatan penghijauan ini dilaksanakan dalam rangka HUT ke-75 TNI.

Dengan mengusung tema Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa, kegiatan penghijauan ini merupakan program pembinaan lingkungan hidup TNI AD.

Dalam hal ini, kata Dandim, TNI AD bekerja sama dengan intansi terkait dan masyarakat.

Tujuannya, untuk melestarikan hutan, lingkungan, dan sumber mata air serta upaya mencegah terjadinya bencana alam erosi, tanah longsor, dan menjaga kekeringan pada saat musim kemarau.

“Program penghijaun melalui penanaman pohon ini dilaksanakan sebagai upaya membantu mengembalikan ekosistem hutan yang rusak akibat penebangan liar dan kebakaran hutan,” jelasnya.

Dandim berharap, penanaman pohon ini dapat benar-benar bermanfaat bagi kelestarian lingkungan.

Selain itu, kata Dandim, dapat bermanfaat pula bagi masyarakat sekitar, agar dapat terhindar dari bencana akibat gundulnya hutan.

“Dengan adanya program penghijauan ini juga diharpakan, kemanunggalan TNI dengan rakyat akan tetap terjalin sesuai semboyan Kodam III/Siliwang.”

“Yaitu, Siliwangi adalah Rakyat Jawa Barat dan Banten, Rakyat Jawa Barat dan Banten adalah Siliwangi.”

“Aplikasi dari semboyan ini adalah adanya keterpaduan dan kebersamaan antara TNI dengan rakyat untuk dapat bersinergi bersama, menjaga ekosistem kelestarian hutan serta peduli terhadap lingkungan agar hutan tetap lestari,” sebut Dandim.

Dandim juga berharap, dengan adanaya gerakan peduli lingkungan ini juga dapat bermanfaat bagi kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem hutan.

Dalam acara penghijauan HUT ke-75 TNI tersebut, hadir Bupati Garut H Rudy Gunawan, Kapolres Garut AKBP Dede Yudy F, dan unsur Forkopimda Garut lainnya. (R003)

BACA JUGA: Gerakan Siliwangi Cinta Tanah dan Air, Ini yang Dilakukan Kodim Sumedang dan Garut

loading...

Komentar