oleh

Gerakan Siliwangi Cinta Tanah dan Air, Ini yang Dilakukan Kodim Sumedang dan Garut

SUMEDANG, ruber.id – Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf. Zaenal Mustofa memerintahkan seluruh jajaran koramil melaksanakan penyemprotan pupuk bios 44 secara serentak, Senin (17/8/2020).

Perintah ini dalam rangka menyukseskan program Gerakan Siliwangi Cinta Tanah dan Air sekaligus memperingati HUT ke-75 RI di wilayah teritorial Kodim 0610/Sumedang.

Kapten Inf. Lesly Darmawan melaksanakan penyemprotan di lokasi uji coba Demplot Kodim 0610/Sumedang di Pasir Pesing, Desa Naluk, Kecamatan Cimalaka.

Di lokasi ini tim Kodim Sumedang melakukan penyemprotan pada lahan pasir dan gambut bekas galian C, seluas 1 hektare.

Dalam pelaksanaannya, penyemprotan melibatkan masyarakat dan kelompok tani di sekitar lokasi lahan demplot.

“Dalam kesempatan ini, kami juga sosialisasikan tentang bios 44 kepada masyarakat. Dengan adanya bios 44 ini, tanah pertanian bisa lebih subur,” kata Lesly.

Selain penyemprotan pada tanah pertanian yang tandus, juga dilaksanakan penyemprotan kolam ikan mas, ikan nila dan ikan lele agar pertumbuhannya cepat dan sehat.

Lesly mengatakan, penyemprotan juga dilakukan di seluruh wilayah Koramil jajaran Kodim 0610/Sumedang.

“Semoga dengan program gerakan Siliwangi Cinta Tanah dan Air ini, lahan pertanian yang ada di wilayah Sumedang semakin subur dan efektif bagi kemamkmuran rakyat,” jelasnya.

Di tempat berbeda, usai mengikuti peringatan HUT ke-75 RI secara virtual, jajaran Posramil Paseh bersama unsur Forkopimda Kecamatan Paseh melakukan penyemprotan cairan bios 44 di lahan Lembur Tohaga, di Desa Pasireungit Kecamatan Paseh.

“Gerakan Siliwangi Cinta Tanah dan Air ini merupakan suatu terobosan yang dilakukan TNI dalam upaya meningkatkan kesuburan tanah pertanian agar lebih subur dan produktif,” ucap Batibung Pos Koramil Paseh Peltu Agus.

Kodim 0611/Garut Semprotkan Bios 44 di Taman Kota dan Lahan Tidak Produktif
Sementara itu, penyemprotan cairan bios 44 ini juga dilaksanakan serentak di wilayah teritorial Kodim 0611/Garut.

Jajaran Kodim Garut melakukan penyemprotan bios 44 di taman kota dan lahan tidak produktif.

Meliputi di taman kota Jalan Otista, Hutan Kota Kerkop, Bundaran Ramayana, dan Bundaran Simpang Lima.

Sedangkan penyemprotan untuk lahan tandus dilaksanakan di Desa Ngamplang, Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut dengan luas lahan hektare.

Kemudian kegiatan penyemprotan dilanjutkan di Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota dengan Luas 2 hektare.

Dandim 0611/Garut Letkol Czi. Deni Iskandar mengatakan, manfaat bios 44 DC ini membuat hasil pertanian tidak terkontaminasi dengan zat kimia.

Sehingga, kata dia, dapat lebih memberikan kesehatan kepada tubuh manusia.

“Penggunaan bios 44 DC ini, sangat bermanfaat dan bagus digunakan untuk pertanian dan dapat meningkatkan kesuburan tanah,” jelasnya. (R003)

Baca Juga: Safari Bintal Kodam III Siliwangi di Makodim 0612 Tasikmalaya Bahas Bahaya Radikalisme

loading...