28.4 C
Indonesia
Minggu, November 28, 2021

Ini Alasan Mengapa Kaca Spion Motor Bawaan Lebih Lebar

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Sesuai dengan peraturan yang ada, standar motor itu wajib menggunakan dua spion. Tentunya dengan tujuan agar pengendara sepeda motor dapat melihat keadaan yang ada di belakangnya.

Apalagi ketika motor tersebut hendak berbelok, mereka mau tidak mau harus mengamati keadaan belakangnya agar tidak terjadi kecelakaan. Berbicara soal spion, tahukah kamu tentang mengapa kaca spion motor bawaan cenderung lebih lebar dan lebih besar?

Bukan hanya merek satu motor saja. Melainkan hampir kebanyakan merek motor memberi spion dengan ukuran yang lebih besar dan lebar. Karena ukurannya tersebut, kadang para pengendara kurang merasa percaya diri sehingga menggantinya.

Selain itu ada juga yang merasa tidak nyaman dengan ukuran spion tersebut karena mengganggu pemandangan. Dan kadang kaca spion pun memiliki bentuk yang tidak sewajarnya. Ada yang agak cembung, sehingga motor di belakang terlihat membesar semua.

BACA JUGA:  Ingin Mobil Irit BBM? Ini 3 Langkah yang Harus Diperhatikan

Berikut ini alasan mengapa kaca spion motor bawaan cenderung lebih lebar dan besar:

Space yang Terlihat Lebih Lebar Ketika Hendak Menyalip
Alasan pertama yang muncul adalah karena agar keadaan jalanan yang terlihat lebih besar dan pengendara motor akan lebih mudah untuk menyalip kendaraan lain waktu berkendara. Sehingga mengurangi kecelakaan.

Seimbang dengan Lebar Stang
Alasan kedua adalah karena seimbang dengan lebar stang. Sehingga dapat menjangkau juga keadaan kanan dan kiri motor yang dikendarainya. Dengan begitu, pengendara bisa melihat sampingnya tanpa harus menolehkan kepala sampai tubuhnya ikut bergerak.

Ciri Khas
Setiap merek motor memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Salah satunya dengan melihat spion yang diberikan. Setiap orang tentunya akan langsung tahu spion yang berbentuk seperti ini adalah spion milik motor yang bermerk ini.

BACA JUGA:  Kenali Teknik Mendongkrak Mobil dengan Benar

Selain mesin dan bodi, mereka juga ingin menunjukkan ciri khas mereka dengan memberi spion sesuai desain yang mereka inginkan.

Nah beberapa alasan tersebut yang mengakibatkan perusahaan sebuah motor memberi spion bawaan yang cenderung lebih besar. Tetapi tentu dengan bentuk yang beragam sesuai ciri khas dari masing-masing perusahaannya. (CW-06/khairul anam)

BACA JUGA: Ingin Mobil Irit BBM? Ini 3 Langkah yang Harus Diperhatikan

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles