GAYAIN  

Pengen Buah Nggak Gampang Busuk? Perhatikan Cara Menyimpannya Ini

AGAR tidak mudah busuk, cara menyimpan buah harus diperhatikan. net/ruber.id

Pengen Buah Nggak Gampang Busuk? Perhatikan Cara Menyimpannya Ini

ruber.id — Anda pernah membeli buah-buahan lalu dalam beberapa hari ada yang busuk? Atau, mungkin Anda sering mengalaminya, sehingga menjadi kapok membeli buah dalam jumlah banyak.

Hal tersebut tentunya membuat Anda jengkel. Bagaimana tidak, Anda yang tadinya merasa tenang karena memiliki stok buah untuk beberapa hari bahkan mungkin sebulan, malah justru banyak membuang yang busuk.

Kalau sudah begitu, jangan dulu menyalahkan pedagang karena dianggap menjual buah berkualitas jelek. Hati-hati, bisa jadi cara Anda menyimpannya yang salah.

Ya, menyimpan buah dengan cara yang salah mengakibatkan buah gampang busuk, dan tidak bisa dimakan. Karena itu, simpanlah buah dengan benar.

Baca juga:  Kemampuan yang Dibutuhkan Dunia Kerja, Bos Wajib Paham

Berikut cara menyimpan buah menurut informasi yang berhasil dihimpun ruber.id sesuai buah-buahannya.

Pisang

Pisang merupakan buah yang seringkali tak tahan lama ketika disimpan. Nah, agar awet Anda cukup merendam pisang dalam air bersuhu 50 derajat celcius hingga ujung bah pisang nampak basah. Pisahkan pisang dan bungkus satu persatu menggunakan plastik.

Mangga

Buah yang satu ini bisa matang dengan sendirinya. Karenanya, jika Anda menyukai mangga mengkal, sebaiknya menyimpannya dalam kulkas ketika masih mentah. Jika Anda menyukai mangga matang, Anda juga bisa menyimpan di dalam kulkas dan bisa membuatnya tahan hingga 3 hari.

Apel dan Pir

Apel dan pir merupakan dua jenis buah yang mampu menghasilkan gas etilen lebih banyak dibanding buah jenis lainnya.

Baca juga:  Manfaat Sarapan bagi Tubuh, Sumber Energi hingga Cegah Diabetes

Jadi, jangan simpan apel dan pir saling berdekatan. Bungkus pir dan apel menggunakan kertas sebelum menyimpannya agar gas etilen yang dihasilkan tak memicu kematangan buah lainnya.

BACA JUGA: Buah-buahan Ini Dipercaya Bisa Turunkan Berat Badan Jika Rutin Dikonsumsi

Semangka

Buah semangka cukup tahan lama tanpa disimpan di kulkas. Semangka utuh mampu bertahan hingga 10 hari di suhu ruang dan dua pekan jika diletakkan dalam kulkas.

Namun jika ingin menyimpannya dalam bentuk irisan, pastikan Anda meletakkannya dalam wadah kedap udara dan simpan dalam kulkas. Bisa juga dibungkus di kemasan layaknya di supermarket.

Anggur

Anggur akan awet manis dan segar jika dicuci, dikeringkan dan disimpan dalam freezer. Hanya, sebelum disantap, biarkan dulu anggur disimpan di suhu ruang.

Baca juga:  Tips Mengatasi Bad Hair Day

Meski demikian, selain cara menyimpan yang tepat, kualitas buah juga harus sangat diperhatikan agar buah awet segar.

Karena, jika ada satu saja buah yang kurang berkualitas, maka akan menular pada buah lain yang disimpan bersamaan sehingga buah mudah busuk.

Pastikan Anda membeli buah-buahan yang sudah terjamin kualitasnya, sehingga tidak mudah busuk. Selamat mencoba! red