28.4 C
Indonesia
Minggu, September 19, 2021
spot_img

Soal Pengembangan Bandara Nusawiru Pangandaran, Bupati Jeje: Tinggal Dimatangkan

PANGANDARAN, ruber.id – Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata gencar melakukan berbagai upaya dalam pembangunan di kabupaten pesisir selatan Jawa Barat.

Salah satunya adalah pengembangan pembangunan pariwisata dan Bandara Nusawiru di Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran.

Selain itu, dirinya tengah memikirkan pembangunan yang makro, yakni menyambungkan akses jalur pantai. Mulai dari Pantai Timur hingga Pantai Batu Hiu (sedang dikerjakan).

“Semoga saja ke depannya bisa menyambung sampai ke Pantai Batukaras bahkan Madasari,” kata Jeje di Taman Pangandaran Sunset, Kamis (17/9/2020).

Jeje menuturkan, dalam rencana revitalisasi Bandara Nusawiru, pihaknya hanya tinggal melakukan pelobian. Baik dengan pemerintah pusat maupun Pemprov Jawa Barat.

BACA JUGA:  Selain Dinas PU, Proyek di Disparbud Pangandaran Kelebihan Pembayaran

“Minimal ada penerbangan dari Yogyakarta, Bandung ke Pangandaran. Kalau jalan tol Bandung-Pangandaran, mungkin tahun 2024 sudah rampung,” tuturnya.

BACA JUGA:  Lahan Pertanian di Pangandaran Terancam Jika Rencana Pembangunan Tak Terkendali

Dengan adanya pengembangan Bandara Nusawiru dan jalan tol, kata Jeje, pengunjung luar daerah bisa mempersingkat waktu diperjalanan menuju Pangandaran.

Jeje mengaku, soal pengembangan Bandara Nusawiru ini sebenarnya telah dibicarakan dengan duduk bersama. Baik bersama pemerintah pusat maupun Pemprov Jawa Barat.

“Tinggal dimatangkan saja, pusat dan provinsi mau bangun apanya. Nanti Pemkab tinggal bangun apanya, agar Pangandaran ini menjadi juara,” ujarnya.

Bandara Nusawiru Pangandaran Diperketat

Sejak adanya pandemi COVID-19, pihak Nusawiru memberlakukan pemeriksaan protokol kesehatan bagi penumpang.

“Volume penumpang pesawat juga turun drastis hingga 50%,” kata Kepala Koordinator Bandara Nusawiru Dishub Provinsi Jawa Barat Hendra Gunawan.

BACA JUGA:  Berperan Dalam Pembangunan Pangandaran, Aswaja Center Gencar Roadshow

Hendra menyebutkan, kapasitas penumpang pesawat Cassa milik PT Susi Air sebanyak 12 kursi. Akibat dari pandemi ini diakuinya hanya mencapai 6 orang saja.

BACA JUGA:  Pangandaran Miliki Sejumlah Rencana Pembangunan Daerah

Biasanya, kata Hendra, kursi itu penuh. Saat ini penerbangan pesawat komersial di Nusawiru hanya beroperasi pada hari Senin, Rabu dan Jumat.

“Jadwal penerbangan dari sini (Pangandaran) jam 06.00 WIB, sedangkan dari Jakarta jam 12.00 WIB. Sampai di Bandara Nusawiru sekitar jam 13.00 WIB,” sebutnya. (R002/dede ihsan)

BACA JUGA: Pengawasan di Bandara Nusawiru Pangandaran Diperketat, Kenapa?

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles