oleh

Pelajar SMK Nurul Firdaus Ikut Praktik Kerja Industri Farmasi Klinis

BERITA EDUKASI, ruber.id – Sejak berdiri tahun 2009, SMK Nurul Firdaus fokus mengembangkan Program Studi Farmasi Klinis.

Selain itu, SMK Nurul Firdaus juga tercatat sebagai Sekolah Berbasis Pesantren (SBP).

Pendiri SMK Nurul Firdaus Gumilar menyebutkan, sebelum terjun ke dunia kerja, siswa dibekali peningkatan kapasitas cognitive, afectif, psykomotor, dan value.

Hal ini, sambung Gumilar, sesuai dengan tuntutan kurikulum berbasis kompetensi. Di antaranya, Praktik Kerja Industri (Prakerin).

“Pada dasarnya, praktik kerja industri ini merupakan model penyelenggaraan pendidikan yang memadukan secara utuh dan terintegrasi dengan kegiatan belajar siswa di sekolah.”

“Yaitu, dengan proses penguasaan keahlian kejuruan melalui bekerja langsung di lapangan kerja,” sebutnya di sekolah yang berlokasi Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (5/3/2021).

Gumilar menjelaskan, metode ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurul Firdaus.

Dengan sasaran, kata Gumilar, untuk mencapai relevansi antara pendidikan dengan kebutuhan tenaga kerja dewasa ini.

“Harapan utama dari Prakerin ini yakni meningkatkan keahlian profesional siswa.”

“Sehingga akan sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja dan siswa memiliki etos kerja,” jelasnya.

Etos kerja yang perlu dimiliki siswa SMK Nurul Firdaus, kata Gumilar, memiliki kemampuan bekerja, motivasi kerja, inisiatif, kreatif, hasil pekerjaan yang berkualitas, disiplin waktu, dan kerajinan dalam bekerja.

“Penyelenggaraan Prakerin iji bertujuan untuk menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional.”

“Yakni tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja,” katanya.

Tujuan lainnya, lanjut Gumilar, untuk memperkokoh hubungan keterkaitan dan kesepadanan (Link and Match) antara SMK dan industri.

Kemudian, kata Gumilar, meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.

“Lulusan SMK Nurul Firdaus saat di dunia nyata yaitu di tempat kerja akan merasakan, mengakui, dan menghargai bahwa pengalaman kerja kerja industri sebagai bagian dari proses pendidikan sangat bermanfaat,” jelasnya.

Gumilar menambahkan, terkait biaya pendidikan di SMK Farmasi Nurul Firdaus, relatif ringan dan sangat terjangkau oleh semua kalangan

Apalagi, sambung Gumilar, sekolah memberikan berbagai program beasiswa untuk siswa.

“Untuk pendaftaran calon siswa baru tiap hari kerja ke kantor SMK Farmasi Nurul Firdaus, atau bisa juga menghubungi nomor WhatsApp berikut ini, 081323230058,” ujarnya. (R003)

BACA JUGA: Alumni SMK Farmasi Nurul Firdaus Ciamis, Lulus Ujikom Keahlian Farmasi Klinis

loading...

Komentar