Overland 4×4 Tasikmalaya, Pehobi Offroad yang Gemar Aksi Sosial

  • Bagikan
Overland 4x4 Tasikmalaya
Anggota Overland 4x4 membagikan sembako kepada warga Urug, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. andy/ruber.id

BERITA TASIKMALAYA, ruber.id – Hobi offroad yang selalu menantang adrenalin tak selamannya membuat para pecinta otomotif itu berpetualang di kubangan lumpur.

Kepedulian terhadap sesama juga tak pernah ketinggalan dengan melakukan beragam aksi sosial. Seperti yang kerap komunitas Overland 4×4 Tasikmalaya, lakukan.

Meski baru berdiri setahun, komunitas yang beranggotakan pemilik mobil 4 WD berbagai merek ini aktif menggelar aksi sosial.

Mulai dari santunan kepada anak yatim, hingga bagi-bagi sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Ketua Overland 4×4 Tasikmalaya Ari Prambadi menjelaskan, komunitasnya berdiri saat gencarnya pembatasan aktivitas masyarakat di masa Pandemi Covid-19.

Kejenuhan, mendorong para pemilik mobil petualangan itu untuk beraksi di alam terbuka.

Baca juga:  PPKM Darurat Kota Tasikmalaya, Satgas Covid-19 Kahuripan Gerak Cepat

“Karena social distancing dan banyak penyekatan (kalau jalan-jalan di kota), jadi kami lebih memilih jalan-jalan ke gunung,” ujar Ari, Kamis (25/11/2021) malam.

Kegiatan menerabas sungai berlumpur, hutan dengan tanah berundak-undak. Hingga kaki gunung, menjadi hiburan para offroader – sebutan penggemar olahraga offroad – di musim wabah corona.

Di sela aktivitas itu, mereka sering melakukan kegiatan-kegiatan sosial sebagai gerakan kepedulian terhadap masyarakat.

“Kami jalan-jalan ke alam terbuka itu untuk tadabur alam, kami selingi dengan kegiatan-kegiatan sosial. Selain itu, melihat potensi-potensi pariwisata di Kota/Kabupaten Tasikmalaya,” jelas Ari.

Bukan sekadar menikmati keindahan alam tempat-tempat wisata, mereka juga aktif mempromosikan destinasi wisata di Kabupaten/Kota Tasikmalaya, yang belum begitu terjamah publik.

Baca juga:  Badut Tasikmalaya Dorong Percepatan Vaksinasi di Kota Santri

Banyak potensi-potensi wisata di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya yang perlu dikembangkan.

“Bantu promo juga dengan teman-teman komunitas tour and travel, biar Tasik (Tasikmalaya) menjadi tujuan wisata. Sehingga membantu mendorong ekonomi masyarakat sekitarnya,” ucapnya.

Overland 4×4 tidak membatasi satu merek mobil untuk bisa bergabung dengan komunitasnya, semua merek bisa dengan syarat utama 4×4.

Dalam waktu dekat, mereka kembali merencanakan aksi sosial di beberapa tempat yang menjadi lokasi uji nyali dan keterampilan mengemudi di jalan tak beraspal.

“Kami bersama rekan semua sepakat agar komunitas tidak hanya menyalurkan hobi.”

“Tapi juga bisa membawa manfaat untuk masyarakat melalui kegiatan sosial. Karena, sebaik-baik komunitas adalah yang bisa memberi manfaat untuk masyarakat,” tambah seorang anggota, Risyal Rudiana.

Baca juga:  Jus Honje Lakaku, Produk UMKM Tasikmalaya Berkhasiat Tambah Stamina

Penulis: Andy Kusmayadi/Editor: Bam

  • Bagikan