MTs Negeri 1 Pangandaran Bakal Dipindahkan

Img
MTs N 1 Pangandaran bakal dipindahkan tahun 2021. dede/ruber.id

PANGANDARAN, ruber.id — MTs Negeri 1 Pangandaran, Jawa Barat bakal dipindahkan.

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Pangandaran berencana memindahkan bangunan MTs tersebut ke lokasi baru di dekat Gedung Islamic Center, Kecamatan Pangandaran.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, rencana pemindahan MTs itu lantaran akan ada pengembangan Masjid Agung Al Istiqomah Pangandaran yang nantinya dijadikan pusat kegiatan agama terpadu.

Terlebih, kata Jeje, di lokasi tersebut secara prinsip tidak memungkinkan jika dilakukan pengembangan dua bangunan itu, yakni masjid dan MTs.

“Nanti konsep pengembangan masjid itu ada perpustakaan, tempat kegiatan remaja masjid dan sarana lainnya untuk aktifitas kegiatan umat. Jadi perlu lahan yang cukup,” katanya, Selasa (4/2/2020).

Baca juga:  Ridwan Kamil Berharap Daerah di Jabar Beli Mobil Listrik

Saat ini, kata Jeje, bangunan MTs N 1 Pangandaran juga sulit untuk dikembangkannya karena terhambat dengan lahannya yang sempit. Bahkan, untuk pelaksanaan upacara pun tidak layak.

Maka dari itu, pada tahun 2021 mendatang Pemkab akan memindahkan MTs N 1 Pangandaran ke lahan seluas 2 hektare di dekat Gedung Islamic Center.

“Tidak benar jika eks MTs nanti akan dijadikan taman. Justru bakal mempunyai dua manfaat, yakni untuk pengembangan Masjid Agung dan MTs itu sendiri,” tuturnya.

Jeje menyebutkan, pihaknya tengah koordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) melalui Kemenag Kabupaten Pangandaran terkait pemindahan MTs Negeri 1 Pangandaran itu.

Sementara, kata Jeje, lahan seluas 2 hektare tersebut dalam proses finalisasi untuk dihibahkan ke Kemenag Pangandaran. (R002/dede ihsan)