29.4 C
Indonesia
Minggu, September 26, 2021
spot_img

Motor Tiba-tiba Ngebul? Segera Cek Komponen Ini

TIPS & HOBI, ruber.id – Motor mengeluarkan asap putih atau ngebul sering terjadi. Bahkan terkadang masalah itu terjadi tiba-tiba dan membuat kita bertanya-tanya penyebabnya.

Berikut ini beberapa penyebab motor ngebul seperti dilansir dari situs resmi Suzuki. Anda bisa mengecek bagian-bagian ini atau merawatnya.

Ring Piston Rusak

Jenis komponen ini dibagi menjadi 2 jenis, yakni ring kompresi dan ring oli. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Ring kompresi berfungsi untuk merapatkan celah diantara piston dengan blok silinder agar tekanan kompresi tidak bocor.

Sedangkan ring oli berguna untuk mencegah oli keluar dari ruang engkol yang akan menuju ruang bakar. Bila keduanya rusak, itu akan menyebabkan motor ngebul.

Penyebabnya, oli di ruang pembakaran mengenai piston aus, sehingga gas menghasilkan banyak emisi dan menimbulkan asap berwarna putih.

Tetapi, apabila warna asapnya hitam, artinya udara yang masuk lebih sedikit daripada bahan bakar.

Anda perlu melakukan pengecekan pada ECU (Electronic Control Unit) untuk mengatasinya.

Namun jika kerusakan cukup parah, lakukan pembongkaran mesin (overhaul). Untuk mengetahui piston mulai rusak atau tidak, biasanya motor susah dihidupkan di pagi hari.

Ruang Pembakaran Kotor

Anda perlu tahu bahwa ruang pembakaran yang kotor dan jarang dirawat dapat menjadi faktor utama keluarnya asap ini.

BACA JUGA:  Jangan Asal Bilas, Ini Tips Mencuci Mobil Setelah Kehujanan

Hal itu bisa menimbulkan kerak di dalamnya, sehingga mempengaruhi kerja oli motor. Karena itu, Anda harus rajin membersihkannya. Lebih baik dibawa ke bengkel untuk membersihkannya.

BACA JUGA:  Mencuci Mobil Hindari Pakai Sabun Cuci Piring, Begini Cara yang Benar!

Selain mengeluarkan asap yang mengganggu, ruang pembakaran yang bermasalah juga bisa mempengaruhi komponen yang lain. Lakukan pengecekan rutin agar tidak sampai rusak.

Silinder Aus

Motor ngebul juga bisa disebabkan silinder yang sudah aus. Pasalnya, saat mesin motor bekerja, ring piston dan liner akan bergesekan.

Lama kelamaan keduanya bisa mengalami keausan, sehingga oli akan masuk ke ruang pembakaran. Segera pergi ke tukang bubut jika motor Anda mengalami masalah ini.

Silinder aus ditandai dengan gejala mesin loss power dan sulit dihidupkan ketika kondisi mesin masih dingin.

Batang Katup Bermasalah

Komponen yang satu ini berupa batang besi yang terhubung dengan bagian cam. Batang katup bermasalah akan menekan salah satu seal katup dan menyebabkan oli bisa masuk ke ruang pembakaran lewat celah yang ada.

Dalam hal ini, batang katup jangan bengkok. Harus 100% lurus. Kalau bengkok, posisinya tidak akan bisa diatur karena sisi lainnya akan tertekan dan longgar.

Selain itu, lubang katup harus diletakkan secara center dengan lubang intake atau exhaust.

BACA JUGA:  Jangan Asal Beli Busi Motor, Perhatikan Hal Ini Dulu agar Tidak Salah Pilih

Bila sudah terlanjur rusak, ganti seal katup dengan katupnya sekaligus, karena jika hanya salah satu saja yang diganti, pasti masih akan timbul masalah yang sama.

Seal Klep Mengeras

Disamping yang sudah disebutkan di atas, komponen lain penyebab motor ngebul adalah seal katup mengeras.

BACA JUGA:  Tak Selalu Masalah Aki, Ini Penyebab Starter Elektrik Motor Susah Nyala

Seal katup yang mengeras, kerapatannya akan berkurang. Akibatnya, oli mudah masuk ke ruang mesin. Anda perlu menggantinya dengan seal baru jika ini penyebabnya.

Pemasangan Botol Klep Tidak Tepat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, botol klep yang pemasangannya tidak tepat akan bermasalah.

Hal tersebut akan berpotensi menimbulkan kebocoran. Tak hanya itu, botol klep yang aus juga membuat kinerjanya tidak optimal.

Masalah ini bisa diatasi dengan menyekir katup agar posisi katup sesuai atau pada posisi center. Setelah itu, cek kondisinya secara rutin.

BACA JUGA: Pengguna Motor Matic Harus Tahu! Ini Jarak Ideal Mengganti Oli

Tiang Payung Klep Longgar

Tiang payung klep juga dapat menjadi penyebab motor ngebul. Anda bisa memeriksa dengan menggoyangkannya atau langsung mengganti tiang payung klep yang baru.

Packing Kepala Silinder Rusak

Komponen ini berperan sebagai preparat yang menjaga tekanan agar kompresi tidak hilang.

Oleh karena itu, jika packing kepala silinder rusak, maka tekanan kompresi akan bocor dan menyebabkan oli keluar. Itulah yang menimbulkan asap berwarna putih yang ngebul.

BACA JUGA:  Jangan Sampai Bikin Repot, Begini Cara Merawat Hidrolik Pintu Mobil

Parahnya, jika hal tersebut terjadi, mesin akan selalu kotor dan menimbulkan suara knalpot yang keras atau berbeda dengan biasanya. Ganti komponen packing silinder dengan yang baru.

Masalah pada Knalpot

Knalpot bermasalah juga dapat menghasilkan asap yang berlebihan.

Beberapa tipe knalpot bisa menyemprotkan oli masuk ke knalpot dan menimbulkan kebakaran sehingga mengeluarkan asap putih.

BACA JUGA:  Jangan Sampai Bikin Repot, Begini Cara Merawat Hidrolik Pintu Mobil

Cara mengatasinya, lepas knalpot motor terlebih dahulu, lalu hidupkan mesin motor untuk mengecek kondisinya.

Oli Terlalu Encer

Jangan memilih oli terlalu encer. Itu dapar menyebabkan oli tersebut mudah masuk pada mesin.

Anda harus memilih oli dengan tingkat keenceran yang sesuai atau SAE rekomendasi. Solusinya, kuras oli dan mengganti dengan yang cocok secara berkala.

Pengaturan Tune Up Tak Sesuai

Tak ada yang mengira bahwa tune up juga bisa menyebabkan masalah. Terlebih jika pengaturannya tidak sesuai, komposisi bahan bakar yang masuk akan bermasalah.

Alhasil, akan timbul sisa pembakaran berupa asap putih yang keluar.

Itulah beberapa penyebab motor ngebul. Jangan tunggu kondisi semakin parah, segera periksakan ke bengkel resmi jika motor Anda mengalami masalah ini. (CW-002)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles