25.4 C
Indonesia
Minggu, September 26, 2021
spot_img

Pengguna Motor Matic Harus Tahu! Ini Jarak Ideal Mengganti Oli

TIPS & HOBI, ruber.id – Memiliki kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor maupun mobil, Anda harus memperhatikan hal-hal kecil namun sangat penting agar kendaraan Anda tak mudah rusak.

Salah satu yang cukup penting dan rutin dilakukan adalah mengganti oli. Nah, kali ini, ruber.id akan membahas tentang mengganti oli kendaraan matic .

Kenapa matic? Karena saat ini penggunaan sepeda motor di kota masih didominasi matic. Terutama banyak digunakan kaum perempuan.

Biasanya, perempuan kurang paham dengan penggantian oli kendaraan untuk matic. Karena itu, dalam hal ini, Anda harus memastikan bahwa setiap jarak tempuh tertentu, oli sudah diganti.

Pasalnya, jika tidak diganti, itu bisa berakibat pada performa mesin kendaraan.

Sebelum mengganti oli, Anda harus tahu bahwa untuk motor matic, ada dua jenis oli yang digunakan. Yakni, oli gardan dan oli mesin.

BACA JUGA:  Dampak Buruk Motor Sering Kehujanan, Lakukan Ini untuk Perawatannya
BACA JUGA:  Berikut Tips Membeli Ban dan Velg Bekas yang Bagus

Anda harus pastikan bahwa takaran yang dimasukkan ke dalam kendaraan sudah benar. Antara oli gardan dan mesin, perbandingannya adalah 2:1.

Namun, berapakah jarak tempuh ideal untuk mengganti oli motor matic?

BACA JUGA: Busi Motor Basah, Hitam dan Bau Bensin? Ini Penyebabnya

Melansir dari berbagai sumber, untuk penggantian oli, Anda bisa melakukannya setiap 2000 km. Saat motor matic Anda sudah mencapai jarak 2000 km, usahakan untuk langsung mengganti oli dengan yang baru.

Karena, oli yang sudah digunakan dengan jarak tempuh 2000 km tidak layak lagi dipakai. Hal itu bisa merusak komponen kendaraan.

Selain itu, Anda bisa melakukan penggantian oli 2 bulan sekali. Anda yang jarang keluar rumah, sehingga tidak terlalu sering memakai motor. Mungkin, hanya 20 sampai 50 kilometer saja.

BACA JUGA:  Khusus Pemilik Mobil Warna Putih, Begini Cara Merawat Catnya Agar Tak Berjamur

Bila Anda tipe orang seperti itu, Anda harus tetap mengganti oli selama 2 bulan sekali.

BACA JUGA:  Motor Ngempos Saat Digas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Walau jarang dipakai, jika tidak segera diganti oli bisa merusak komponen dari kendaraan.

Selanjutnya, bagi Anda yang dalam satu hari kendaraan menempuh jarak 200 km, ganti oli motor Anda minggu sekali.

Dengan demikian, kondisi kendaraan Anda tetap dalam kondisi yang prima. Anda juga harus pintar memilih oli. Pilihlah oli yang berkualitas, jangan asal murah.

Selain harus mengetahui jarak ideal mengganti oli motor matic, Anda juga perlu tahu tanda-tanda oli motor harus segera diganti.

Perhatikan jika tanda-tanda atau kondisi ini sudah mulai muncul dan terasa. Pertama, saat kendaraan sudah terasa berat. Ketika Anda menariknya, rasa tarikannya sudah agak berat.

BACA JUGA:  Cara Merawat CVT Motor Matic

Itu terjadi karena Anda sering menaiki kendaraan di jalan macet. Apabila sudah merasakan kondisi ini, Anda harus menggantinya dengan oli yang baru.

Yang kedua, untuk Anda yang sering memakai sepeda motor matic melewati jalanan menanjak, harus rutin mengganti oli.

Jalanan menanjak bisa membuat oli di kendaraan menjadi cepat panas karena dipaksa untuk di gas terus. Oleh sebab itu, jika sudah sering dibawa ke jalanan menanjak, segera ganti oli dengan yang baru.

BACA JUGA:  DFSK Super Cab, Hadir untuk Penuhi Kebutuhan Komersial Masyarakat Indonesia

Itulah beberapa tips mengenai jarak ideal penggantian oli motor matic. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (CW-002)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles