21.4 C
Indonesia
Kamis, Juli 29, 2021
spot_img

Trik Aman Mengerem Bagi Pengguna Motor Matik

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Motor matik masih menjadi satu-satunya kendaraan roda dua yang paling diminati masyarakat di Indonesia. Selain cara kerjanya yang praktis, motor ini juga cukup mudah pengoperasiannya.

Maka tak heran motor matik ini memiliki peminat yang jauh lebih tinggi ketimbang peminat motor lain. Seperti motor bebek atau motor sport yang menggunakan gigi.

Meskipun memiliki peminat yang tinggi, tak semua pemilik motor matik mengetahui cara mengerem motor yang benar.

Maka dari itu, tak sedikit berita yang memaparkan tentang kecelakaan yang dialami oleh kendaraan roda dua matik. Karena kurangnya menguasai teknik pengereman.

Hal itu wajar karena kendaraan matik hanya mengandalkan kedua remnya saja. Motor itu tidak memiliki gigi yang biasanya dapat membantu pengendara melakukan pengereman.

BACA JUGA:  Ini Alasan Mengapa Kaca Spion Motor Bawaan Lebih Lebar
BACA JUGA:  Kebiasaan Ini Bisa Membuat Malu saat Mengendarai Mobil Matik

Akan sangat riskan apabila teknik mengerem belum dikuasai. Apalagi ketika berada di jalanan yang licin. Mengerem dengan rem depan akan membuat motor selip hingga terjatuh.

Trik Pengereman yang Benar pada Motor Matik

Lalu apakah beda rem motor matik dan motor biasa yang bergigi? Tentu saja sama. Hanya saja, posisi tuas rem di antara keduanya berbeda. Inilah yang mengharuskan pengendara kendaraan matik mengetahui trik dan teknik mengerem.

Ketika hendak mengerem, hal yang perlu diperhatikan adalah pengendara harus menutup gas sepenuhnya terlebih dahulu. Dengan begitu, proses pengereman akan berjalan secara maksimal dan tidak menimbulkan bahaya.

Selanjutnya ketika mengerem sebaiknya menggunakan empat jari sekaligus. Karena dengan cara begitu maka gas akan tertutup secara sempurna. Untuk pengereman belakang, sebaiknya jangan terlalu menekan atau seimbang sesuai dengan kebutuhan.

BACA JUGA:  Mengenal Trik Bersihkan Grill Mobil Sendiri di Rumah
BACA JUGA:  Ini Alasan Mengapa Kaca Spion Motor Bawaan Lebih Lebar

Nah apabila keadaan jalan tidak licin atau tidak berpasir, rem depan yang sebaiknya ditekan lebih kuat. Karena rem depan lebih kuat dalam menghentikan laju motor ketimbang rem belakang.

Tetapi ingat, sebaiknya jangan melakukan rem depan secara mendadak. Karena akan membuat keseimbangan motor tidak stabil.
Trik itu bisa dicoba ketika berkendara menggunakan motor matik.

Motor matik ini berbeda dengan motor lain, karena hanya menggunakan kedua rem saja. Sedangkan motor lain masih bisa dibantu dengan gigi saat proses pengereman. (CW-006/khairul anam)

BACA JUGA: Speedometer Motor Sunburn, Ini Penyebab dan Cara Merawartnya

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles