Cek Oli Mesin Motor Secara Berkala, Fatal Jika Tidak Dilakukan

Cek Oli Mesin Motor Secara Berkala, Risiko Fatal Ini Bisa Terjadi Jika Tidak Dilakukan
Kondisi sparepart yang rusak akibat over heat atau ceket. dedi/ruber.id

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Melakukan pengecekan oli pada kendaraan bermotor yang biasa kita gunakan setiap hari, merupakan hal yang mudah dan simpel.

Namun entah bagaimana, sering kali kita malas. Bahkan, seperti tidak begitu memperdulikannya.

Padahal, jika mesin kekurangan oli memiliki risiko yang sangat fatal pada kendaraan.

Khususnya, pada kendaraan bermotor yang memiliki stroke 4 tak.

Tidak terkecuali, pada motor skuter atau matic, yang kini tengah mendominasi di jalanan. Baik perkotaan, maupun pelosok perdesaan.

Demikian, melihat risiko kerusakan yang cukup tinggi, maka disarankan untuk melakukan perawatan atau servis secara berkala.

Potensi Kerusakan Akibat Mesin Kekurangan Oli

Pada banyak kejadian di lapangan, kekurangan oli dapat menyebabkan rantai aus atau rusak.

Baca juga:  Mengenal Teknologi Quick Shifter pada Yamaha R15M

Akibat pasokan oli mesin yang tidak sampai melumasi area blok silinder, akan membuat gesekan piston mengalami panas berlebihan atau over heat.

Lebih parah lagi, panas berlebihan tadi bisa menyebabkan kemacetan pergerakan piston yang naik turun dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB).

Maka tak heran, jika sampai terjadi hal tersebut dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti berikut ini.

Piston Patah

Hal ini bisa terjadi, karena pada saat naik turun piston, secara serentak terhenti akibat pemuaian dari panas yang berlebihan. Membuat gerakan piston serat dan macet.

Pen Piston

Komponen ini, merupakan komponen pengunci piston dengan conecting rod. Atau, dalam bahasa bengkel umumnya, stang seher atau stang piston, juga dapat menerima imbas dari kemacetan.

Baca juga:  Penyebab Kebakaran pada Kendaraan Bermotor dan Cara Menghindarinya

Conecting Rod

Komponen satu ini, merupakan komponen yang berfungsi untuk mendorong piston.

Sehingga, piston bekerja naik turun dari TMA ke TMB dan sebaliknya.

Pada momen kemacetan tersebut, juga dapat membuat conecting rod mengalami ketidak seimbangan.

Bahkan, beberapa kasus terjadi patah dan menabrak Crankcase.

Crank Shaft

Pada bagian ini, beberapa fungsi seperti poros engkol atau bandul, bearing atau laher bekhen beserta kruk as, menyatu.

Kemuduan secara bersamaan, bisa mendapatkan dampak dari momen kemacetan atau ceket.

Itulah, beberapa dampak kerusakan yang akan terjadi jika kita tidak melakukan pengecekan oli mesin secara berkala. So, jangan sampai ini kejadian, semoga tips tersebut bermanfaat.