Wednesday, 3 Jun 2020

Mobil Matik Juga Bisa Irit Bensin Lho, Begini Caranya!

Baca Juga

Kapolres Pastikan Aksi May Day di Sumedang Kondusif

SUMEDANG, ruber -- Jelang May Day, 1 Mei 2019, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo menjalin silaturahmi dengan seluruh serikat buruh di Kabupaten Sumedang, Sabtu (27/4/2019). BACA...

Distribusi BPNT di Garut Banyak Masalah, DPRD Instruksi Agen Dievaluasi

GARUT, ruber.id - Naiknya nominal Bantuan Pangan Nontunai (BPNT), di Garut, Jawa Barat ternyata malah menimbulkan masalah. Diketahui, BPNT...

Pria Tenggelam di Muara Karangtirta Ditemukan Tewas

Pria Tenggelam di Muara Karangtirta Ditemukan Tewas PANGANDARAN, ruber.id -- Didi alias Tonton, 40, warga Dusun Ciheras Rt/Rw 02/01 Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran,...

Pudin, Guru asal Garut Berkesempatan Cicipi Pelatihan di Universitas Tertua di Belanda

GARUT, ruber - Pudin, guru di SDN 1 Banyuresmi, Kabupaten Garut, mendapat kesempatan emas untuk mencicipi pelatihan di Leiden University, Belanda lewat program peningkatan...

ruber.id – Saat ini semakin banyak masyarakat membeli mobil matik ketimbang manual. Terutama perempuan yang notabene menginginkan mobil yang mudah dikendarai.

Ya, berbeda dengan manual, mobil matik memang lebih praktis dikendarai, bahkan lebih nyaman digunakan dalam kondisi lalu lintas macet.

Namun, salah satu kekurangannya yaitu konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang lebih boros dibandingkan dengan mobil manual.

Tapi, masih ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat konsumsi bahan bakarnya sedikit lebih irit.

Lalu, bagaimana caranya agar mobil matik bisa irit bensin? Berikut beberapa tips mengemudi mobil matik agar BBM lebih irit.

Tekan Pedal Gas Secara Perlahan

Dalam mengendarai mobil matik, ketika Anda melepas pedal rem dengan posisi tuas transmisi di D maka mobil sudah bisa meluncur maju.

Anda hanya perlu menekan pedal gas secara perlahan untuk menambah kecepatan. Dengan begitu aliran konsumsi bahan bakar tidak terlalu deras.

BACA JUGA: Awas! Jangan Asal Beli Oli, Bisa Sebabkan Mesin Kendaraan Overheat

Perhatikan Putaran Mesin (RPM)

Untuk tips menghemat BBM yang satu ini berlaku bagi mobil manual ataupun mobil matik, yaitu dengan memperhatikan putaran mesin.

Anda harus tahu bahwa efektifnya konsumsi BBM dan tenaga yang dihasilkan yaitu sekitar 2.500-3.000 RPM.

Kecepatan Stabil

Mengendari dengan kecepatan stabil bisa menurunkan intensitas untuk memainkan pedal gas. Itu bisa menghemat konsumsi BBM mobil Anda.

Karena, semakin sering Anda menginjak pedal gas lebih dalam, maka semakin banyak juga konsumsi BBM yang dibutuhkan.

Jaga Jarak Aman

Menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda juga perlu diperhatikan. Ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda tidak perlu menginjak rem atau mengurangi kecepatan secara mendadak.

Jadi, jika mobil di depan Anda mengurangi kecepatan, maka Anda bisa mengurangi kecepatan secara perlahan baik dengan mengurangi gas.

Dampaknya sangat baik bagi Anda, karena ketika Anda akan menambah kecepatan kembali maka Anda tidak perlu menginjak gas terlalu dalam atau tidak perlu membuang tenaga yang banyak.

Nah, itulah beberapa tips menghemat konsumsi BBM bagi mobil matik Anda.

Mulai sekarang, Anda tak perku khawatir lagi mobil matik Anda boros BBM. Selamat mencoba! (R004/Tasya)

Komentar

loading...

Artikel Terbaru

1092 Calon Jemaah Haji Ciamis Batal Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini

CIAMIS, ruber.id - Sebanyak 1092 calon jemaah haji asal Kabupaten Ciamis dipastikan batal berangkat tahun 1441 Hijriah/2020 ini. Hal...

Terimbas Corona, 386 Calon Jemaah Haji di Pangandaran Gagal Berangkat

PANGANDARAN, ruber.id - Pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan ibadah haji pada penyelenggaraan ibadah 1441 Hijriyah atau tahun 2020. Keputusan itu...

Hasil Rapid Test Masif di Sumedang, 31 Orang Reaktif

SUMEDANG, ruber.id - Pemkab Sumedang melakukan rapid test masif untuk melacak peta sebaran kasus COVID-19. Rapid test masif yang...

Anggaran Penanganan COVID-19 di Kota Tasik Tak Transparan, DPRD Akan Buat Nota

TASIKMALAYA, ruber.id -- Anggaran bantuan sosial (bansos) dan penanganan pandemi COVID-19 di Kota Tasikmalaya dinilai carut marut.

Kasus Pengeroyokan Karyawan Star Fashion di Boyolali, Polisi Hadirkan Belasan Saksi saat Reka Ulang

BOYOLALI, ruber.id - Satreskrim Polres Boyolali, Jawa Tengah melakukan prarekonstruksi (Pra reka ulang), kasus pengeroyokan karyawan Star Fashion di Jalan Ir Soekarno,...