Siswa SMA Parigi Berhasil Ciptakan Minuman Teh Bunga Telang

  • Bagikan
bunga telang
ILHAM Hamdani berhasil menciptakan minuman varian rasa dari bunga telang. smf/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Ilham Hamdani, 18, siswa kelas XII SMA Negeri 1 Parigi berhasil menciptakan minuman varian rasa dari bahan teh bunga telang.

Inovasi tersebut mulai ditekuni Ilham sejak tahun 2020 dari mulai modal Rp20.000 dengan mengikuti salah satu bazar di sekolahnya.

Ilham mengatakan, event bazar dijadikan momentum percobaan dirinya dengan membuat minuman rasa varian dari bahan teh ungu itu.

Dari modal Rp20.000, Ilham mendapat keuntungan sebesar Rp800.000. Dari situlah dia memiliki niat untuk mengembangkan potensi bisnisnya.

“Kalau uang Rp800.000 tidak dijadikan modal usaha, satu hari pun bisa habis. Saya gunakan uang itu untuk membeli peralatan,” kata Ilham yang berdomisili di Dusun Bojongsalawe, Parigi.

Ilham menuturkan, modal senilai Rp800.000 tersebut menjadi keuntungan sebesar Rp1.7 juta. Setelah dijalani dan dirasakan keuntungannya, dirinya mengatur waktu untuk berjualan dan jadwal sekolah.

“Saya tidak menyangka uang Rp1.7 juta yang digolangkan itu terus berkembang hingga terkumpul keuntungan menjadi Rp3.5 juta. Konsumen saya mulai dari kalangan anak sekolah dan komunitas,” tuturnya.

Bahkan, kata Ilham, rumahnya yang dijadikan tempat jualan juga kini menjadi tempat pertemuan kelompok atau komunitas. Seperti untuk acara ulang tahun dan rapat internal sekalipun.

“Saya rasakan perkembangan bisnis minuman teh bunga telang semakin diminati konsumen. Akhirnya tempat ini saya diberi nama Angkringan Telang,” ujarnya.

Ilham menyebutkan, lahan pekarangan rumah seluas 15 meter x 20 meter ditanami teh bunga telang oleh almarhun (ayah) sejak tahun 2019.

“Dulu almarhum hanya menjual teh bunga telang kering dalam kemasan 10 gram. Dengan harga Rp10.000 sampai Rp15.000,” sebutnya. (R001/smf)

BACA JUGA: Abut Berhasil Budidayakan Teh Ungu dari Bunga Telang di Pangandaran

  • Bagikan