27.4 C
Indonesia
Selasa, September 28, 2021
spot_img

Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari Banyak Khasiatnya, Salah Satunya Mencegah Batu Ginjal

Minum air lemon hangat di pagi hari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. net/ruber.id

ruber.id — Bukan hanya minum teh atau kopi di pagi hari saja yang memiliki manfaat untuk kesehatan, namun juga air lemon.

Pasalnya, banyak manfaat air lemon di pagi hari yang belum banyak diketahui.

Dari informasi yang ruber.id rangkum, buah lemon kaya akan vitamin C. Selain itu, lemon mengandung banyak zat kimia alami, seperti polifenol, flavonoid, terpenoid, dan karotenoid, yang sangat baik untuk kesehatan.

BACA JUGA: Jerawat Tak Kunjung Hilang? Tips Perawatan Wajah Berikut Ini Bisa Anda Coba

Berikut beberapa manfaat meminum air lemon hangat di pagi hari.

Pertama, lemon hangat bisa menurunkan berat badan. Ya, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa zat polifenol dalam buah lemon dapat membantu menurunkan berat badan.

Karena itu, bagi Anda yang merasa memiliki berat badan berlebih, cobalah memasukkan air lemon hangat ke dalam daftar menu program diet Anda.

Meminum air lemon hangat di pagi hari juga baik untuk kulit, karena dipercaya dapat menjaga kelembaban kulit, membantu kulit terlihat segar, dan mengurangi kerutan atau keriput.

Apabila diminum setelah bangun tidur, air lemon hangat dapat membantu melancarkan pencernaan, sehingga mencegah sembelit. Berdasarkan pengobatan Ayurveda, rasa asam lemon mampu meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

Rutin meminum lemon hangat juga mampu meningkatkan daya tubuh Anda. Hal itu karena lemon sangat kaya antioksidan, yaitu vitamin C dan bioflavonoid, yang mampu menangkal radikal bebas.

Selain itu, kandungan asam sitrat yang ada pada air lemon diyakini dapat mencegah batu ginjal. Ya, air lemon bisa mencegah dehidrasi yang menjadi penyebab umum terbentuknya batu ginjal.

Disamping mencegah batu ginjal, kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dan stroke, serta menurunkan tekanan darah. Hanya saja, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Namun demikian, lemon hangat juga memiliki potensi efek samping yang harus diwaspadai. Karena, asam sitrat yang terkandung dalam air lemon dapat mengikis enamel gigi.

Jadi, disarankan untuk menggunakan sedotan saat minum air lemon dan berkumur dengan air putih setelahnya untuk membilas asam yang menempel pada permukaan gigi.

Asam sitrat di dalam lemon juga dapat menimbulkan keluhan nyeri ulu hati atau heartburn pada sebagian orang.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang mengalami hal ini, sebaiknya hindari mengonsumsi air lemon hangat sebelum makan. Atau, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter mengenai cara mengonsumsi air lemon yang dianjurkan. red

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles