Vaksinasi Pelaku Wisata Pangandaran Minimal 90%, Bupati: Jika Tidak, Pariwisata Ditutup

Vaksinasi Pelaku Wisata
BUPATI Pangandaran Jeje Wiradinata. Tingkat vaksinasi pelaku wisata minimal 90%. Jika tidak, pariwisata ditutup kembali. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber id – Pemkab Pangandaran, Jawa Barat bakal menutup kembali objek wisata jika tingkat vaksinasi Covid-19 pada pelaku wisata di bawah 90%.

Tingkat vaksinasi pada pelaku industri pariwisata berkorelasi besar dalam menentukan penetapan objek wisata di Pangandaran tetap beroperasi.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, pihaknya sudah memberikan ultimatum kepada seluruh pelaku wisata agar segera menjalani vaksinasi.

“Kami memberi waktu sampai Kamis besok. Minimal 90% pelaku wisata harus sudah divaksin. Kalau tidak tercapai, hari Jumatnya langsung kami tutup lagi wisata,” kata Jeje, Selasa (14/9/2021).

Diakuinya, langkah tegas tersebut terpaksa dilakukan Pemkab semata-mata demi kebaikan masyarakat Pangandaran.

“Kalau vaksinasi 90% pelaku wisata tidak tercapai, kami tutup. Terpaksa saya lakukan ini dan saya siap dengan segala risikonya,” tegasnya.

Baca juga:  Pak Uu Berkemah di Pangandaran Tunjang Ekonomi Lokal

Selain itu, Pemkab Pangandaran siap meningkatkan pengawasan protokol kesehatan atau prokes.

Hal itu seiring dengan sorotan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan terhadap uji coba pembukaan pariwisata di Pantai Pangandaran.

“Sejak awal Pemkab dan pelaku wisata sudah berkomitmen. Untuk selalu bersama-sama memperhatikan prokes. Memakai masker dan tidak berkerumun,” ujar Jeje.

Sebelum uji coba tersebut, kata Jeje, Pemkab mengumpulkan seluruh pelaku usaha wisata. Dengan membuat komitmen secara tertulis.

“Intinya atensi pemerintah pusat ini harus menjadi pelecut semangat bagi pelaku wisata, wisatawan dan Pemkab. Untuk semakin disiplin menerapkan prokes,” tuturnya.

Karena, jika prokes tak disikapi dengan serius, kata Jeje, pemerintah bisa saja menutup kembali objek wisata di Pangandaran.

Baca juga:  Terkendala Anggaran, Peserta Transmigrasi Pangandaran Tahun Ini Batal Diberangkatkan 

Pemkab Pangandaran Berhasil Memecah Kerumunan di Tempat Wisata

Pada Minggu (12/9/2021), pengaturan wisatawan di Pantai Pangandaran sudah lebih baik ketimbang pekan sebelumnya. Pemkab berhasil memecah kerumunan pengunjung di Pantai Barat.

Upaya lain yang dilakukan adalah dengan menerjunkan petugas gabungan Polri/TNI ke pantai. Petugas menyisir pantai dan mengingatkan wisatawan agar menaati prokes.

Selain itu ada juga petugas yang berkeliling di kawasan wisata dengan kendaraan. Itu pun mengingatkan agar wisatawan memperhatikan prokes.

Imbauan protokol kesehatan ini dilaksanakan personel gabungan satuan fungsi Polres Ciamis. (R002)