23.4 C
Indonesia
Kamis, September 23, 2021
spot_img

Kenali Teknik Mendongkrak Mobil dengan Benar

BERITA TIP & HOBI, ruber.id – Saat kita berkendara menggunakan mobil dan mengalami ban bocor di tengah perjalanan, tidak perlu risau. Karena, hanya dengan mendongkrak mobil, kesulitan itu terpatahkan. Meski begitu, teknik dalam pendongkrakan pun harus dikuasi.

Meskipun mendongkrak mobil terlihat sederhana dan mudah, tetapi pada kenyataannya mendongkrak cukup sulit. Kalau tidak pas, akan membahayakan mobil serta diri Anda sendiri.

Berbagai faktor perlu diperhatikan di sini, seperti faktor keamanan pendongkrak, keamanan mesin, serta lingkungan sekitar. Dari beberapa faktor tersebut, akan menyelamatkan Anda dari kecelakaan sepele yang malah kadang lebih membahayakan akibat salah mendongkrak.

Di berita-berita sudah banyak beredar, orang meninggal karena tertimpa badan mobil saat melakukan pendongkrakan. Hal ini tentu saja diakibatkan oleh sebagian orang yang kurang perhatian. Karena menganggap hal itu hanyalah masalah sepele.

BACA JUGA:  Musim Hujan, Ini Manfaat Berteduh saat Naik Motor
BACA JUGA:  Speedometer Motor Sunburn, Ini Penyebab dan Cara Merawatnya

Sesepele apa pun mendongkrak, tetap berbahaya jika salah melakukannya. Untuk menghindari kejadian seperti itu, sebaiknya Anda mengenali beberapa trik mendongkrak mobil.

Tiga Teknik Mendongkrak Mobil

Pastikan Kondisi Dongkrak Masih Aman
Kondisi dongkrak menjadi peran penting ketika hendak mendongkrak mobil. Sebelum mendongkrak mobil, sebaiknya Anda memastikan kondisi dongkrak yang akan dipakai, apakah masih layak atau tidak. Apakah membahayakan atau tidak.

Karena dongkrak lama yang jarang dipakai akan membahayakan pendongkrak. Takutnya dongkrak akan patah dan mobil akan jatuh.

Mencari Permukaan yang Rata
Dongkrak membutuhkan keseimbangan dan permukaan yang rata. Secara logika tentu saja dongkrak tidak akan bisa menopang mobil sebesar itu dengan keadaan permukaan yang tidak rata.

BACA JUGA:  Ganti Busi Secara Berkala Menjaga Performa Mesin Motor
BACA JUGA:  Ganti Busi Secara Berkala Menjaga Performa Mesin Motor

Nah ketika Anda hendak mendongkrak mobil, sebaiknya mencari permukaan yang rata. Misalnya jalanan yang memiliki aspal rata dan tidak bergelombang.

Tumpuan Mobil Harus Pas
Tidak semua bagian bawah mobil bisa digunakan untuk tumpuan ketika mobil di dongkrak. Pastikan posisi dongkrak di bagian mobil yang sekiranya tidak tergelincir atau tidak kuat ketika dongkrak mulai dinaikan.

Dengan memosisikan dongkrak tepat dengan bagian yang pas, dongkrak tidak akan terpental dan semua akan seimbang.

Ketiga cara itu lebih baik dilakukan terlebih dahulu, karena nanti ketika Anda mendongkrak, Anda akan dimudahkan dan sama sekali tidak mengalami kesulitan.

Bahkan safety diri Anda akan terjaga karena semua sudah diatur dan dikondisikan sebaik mungkin. (CW-006/khairul anam)

BACA JUGA:  Kenali Tanda Kampas Kopling Mobil Manual Mulai Habis

BACA JUGA: Trik Cantik Putar Balik Mobil Bagi Pengendara Pemula

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles