CIAMIS  

Melancong ke Situ Wangi Masih Gratis

Seorang pengunjung melintas di jalan menuju Situ Wangi, di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. pasha/ruber.id

BERITA CIAMIS, ruber.id – Pandemi Covid-19 membuat sebagian besar orang bosan berdiam diri di rumah. Melancong ke tempat wisata alam terbuka, menjadi salah satu pilihan, di antaranya Situ Wangi, di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Di Situ Wangi, pengunjung bisa menikmati hijaunya pepohonan yang mengelilingi danau seluas lebih dari seribu meter persegi itu. Sambil menikmati riak-riak air yang tertiup embusan angin, para pengunjung juga bisa bersantai di beberapa gazebo di pinggir danau.

Sepanjang sisi danau juga kerap dijadikan tempat olahraga jogging warga, setiap pagi atau sore. Fasilitas di sini terbilang cukup lengkap. Toilet tersedia di setiap sudut danau dengan desain yang unik, begitu juga dengan masjid yang menyediakan alat salat. Di sisi barat danau, telah dibangun dermaga mini yang nantinya akan digunakan untuk naik-turun perahu para pengunjung.

Baca juga:  Bupati Ciamis Umumkan Satu Warganya Positif Corona, Ini Riwayatnya

Demi keamanan pengunjung, pengelola juga telah membangun menara pemantau setinggi sekitar 10 meter yang dikelilingi lima patung harimau. Dari atas menara, pemandangan Situ Wangi terlihat sangat jelas dihiasi bunga teratai berwarna mencolok yang mengapung.

Sayangnya, sejumlah fasilitas di sana belum bisa dimanfaatkan dengan optimal oleh pengunjung, toilet misalnya. Saat pengunjung menggunakannya, mengeluhkan tidak ada air. Padahal di wastafel yang terletak di muka semua gazebo, air dari kerannya mengalir.

“Saya mau menggunakan toilet, tapi airnya tidak tersedia. Ya, mungkin masih dalam tahap pembangunan, jadi fasilitas belum optimal bisa digunakan,” keluh Ibu Tati Suhnawati, warga Kecamatan Baregbeg yang berkunjung, akhir Februari 2022 lalu.

Baca juga:  Mau Liburan ke Alam? Objek Wisata di Ciamis Ini Layak Dikunjungi

Di danau yang menampung air dari beberapa mata air itu kerap ditemui warga yang memancing, bermacam jenis ikan di sana cukup melimpah. Bahkan, ikan-ikannya rasanya enak dikonsumsi. Selain itu, banyak anak-anak yang saban hari berenang di danau yang berair jernih.

Situ Wangi berada 24 kilometer dari pusat kota dengan lama perjalanan sekitar 30 menit, dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Untuk menuju ke sana, bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum. Namun, jika menggunakan kendaraan umum tidak dapat langsung menuju titik wisata, mesti berjalan kaki dari pinggir jalan sekitar 450 meter.

Lantaran danau alam ini baru direvitalisasi dan diresmikan, pengunjung tak dipungut tiket masuk. Sehingga dapat menikmati suasana alam Situ Wangi sepuasnya tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.