oleh

Mau Lanjut Kuliah di UI? Dibuka Secara Online, Ini Jadwal dan Caranya

DEPOK, ruber.id – Universitas Indonesia (UI) membuka kembali seleksi masuk melalui jalur SIMAK UI gelombang 2 tahun 2020 dan akan diadakan secara daring (online).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Prof. Dr. rer. nat. Rosari Saleh menjelaskan para peserta seleksi dapat mengikuti ujian dari lokasi atau daerahnya masing-masing.

Hal ini, dikarenakan, pertimbangan masih mewabahnya virus corona atau COVID-19.

Ujian online, kata Rosari Saleh, akan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT).

“Di mana, tiap peserta bisa mengikuti tes dengan bantuan perangkat seperti laptop, tab, komputer hingga handphone untuk akses laman tes SIMAK UI,” ujar Rosari Saleh dalam rilis yang diterima ruber.id, Jumat (19/6/2020).

Ujian SIMAK UI ini, kata Rosari, juga akan dibuka untuk peserta yang berada di luar negeri, dengan penyesuaian waktu.

Panitia dari SIMAK UI akan melakukan pendataan dan komunikasi lebih lanjut kepada peserta yang memiliki perbedaan waktu kurang lebih dari tiga jam.

“Sehingga nantinya dapat disediakan slot waktu bagi mereka,” jelasnya.

Untuk antisipasi potensi kecurangan dalam ujian online SIMAK UI nanti, para peserta akan diawasi dengan sistem aplikasi pada gawai milik para peserta selama ujian berlangsung.

“Sistem pengelolaan potensi kecurangan yang dikembangkan ini, terus kami uji coba.

“Sehingga, dapat menentukan spesifikasi minimum atau minimum requirement, gawai yang dapat digunakan oleh peserta untuk mengerjakan soal ujian.”

“Setelah uji coba rampung, kami akan langsung menginformasikan spesifikasi di dalam gawai,” kata Rosari.

Rosari Saleh menjelaskan, untuk menanggapi soal keterbatasan jaringan yang tidak merata di seluruh daerah, pelaksanaan ujian SIMAK UI gelombang 2 ini menggunakan web browser yang menyimpan cache.

Sehingga, kata dia, jawaban dari soal yang telah terisi masih tersimpan dan dapat diterima pada saat jaringan kembali stabil.

Adapun jadwal pendaftaran SIMAK UI gelombang 2 tahun 2020 ini akan dibuka mulai 19 Juni hingga 19 Juli 2020.

Waktu tersebut untuk jenjang S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Ekstensi/Paralel Lulusan D3, Vokasi (D3), Profesi, Spesialis, S2, dan S3.

Sementara, untuk jenjang S1 Kelas Internasional akan dibuka pada 12 Juni hingga 12 Juli 2020.

“Untuk daya tampung yang tersedia pada SIMAK UI gelombang 2 ini sebanyak 2744 untuk S1 Reguler.”

“Sebanyak 674 untuk S1 Paralel, 392 untuk kelas Internasional, 410 untuk Vokasi (D3). Selanjutnya sebanyak 216 untuk S1 Ekstensi/Paralel Lulusan D3.”

“Semua proses pendaftaran dan segala ketentuan dapat diakses melalui laman penerimaan.ui.ac.id nanti,” ujarnya. (R007/Moris)

BACA JUGA: Cerita Mahasiswa UI asal Uganda Philimon, Tinggal di Asrama Selama Pandemi COVID-19

loading...