oleh

Manfaat Buah Nanas, Cegah Kanker hingga Tingkatkan Kesuburan

BERITA TIPS & HOBI, ruber.id – Buah nanas merupakan salah satu dari beragan buah yang banyak disukai. Rasanya yang memiliki perpaduan antara asam dan manis membuat segar.

Tak jarang, buah yang satu ini juga dibuat menjadi minuman, kadang juga dicampur dengan buah lainnya.

Sama halnya dengan buah-buahan lainnya, nanas ternyata memiliki kandungan gizi dan kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Buah yang memiliki kulit cukup tajam ini mengandung vitamin A dan C yang merupakan sumber antioksidan.

Anda juga harus tahu bahwa nanas pun engandung fosfor, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, mangan, thiamin, serat, natrium, dan gula buah (sukrosa). Kalorinya sangat rendah, hanya 82 kalori.

Dengan banyaknya kandungan di dalamnya, buah nanas memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan manusia. Apakah itu? Ini dia sederet manfaat buah nanas.

Tingkatkan Gula Darah

Khasiat yang pertama adalah buah nanas dapat mengatasi keluhan kadar gula rendah, karena buah ini mempunyai kadar gula yang tergolong tinggi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan asam amino yang terkandung di dalam buah nanas sangat diperlukan tubuh untuk memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas.

Sehingga dengan mengonsumi rutin buah nanas dapat menjaga stamina agar tetap fit.

Memperkuat Tulang

Anda yang rutin mengonsumsi buah nanas juga akan terhindar dari osteoporosis. Karena, kandungan mineral mangan pada buah ini membantu memperkuat tulang.

Satu cangkir jus nanas cukup memberi asupan hampir tiga perempat dari mangan yang dibutuhkan setiap hari.

Mencegah Penyakit Jantung

Dengan mengonsumsi nanas mampu mencegah oksidasi kolesterol karena kandungan vitamin C-nya, sehingga mencegahnya berubah menjadi plak penyumbatan arteri.

Disamping itu, buah nanas juga sarat dengan potasium dan mineral, membantu menyeimbangkan jumlah air yang disimpan tubuh.

Pasalnya, terlalu banyak natrium dan tidak cukup kalium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.
Minumlah jus nanas kaya kalium untuk memastikan elektrolit seimbang.

Antiradang

Zat enzim bromelin dan enzim proteolitik dalam buah nanas bekerja efektif mengantisipasi munculnya peradangan dalam tubuh.

Berguna mengurangi peradangan pemicu kanker atau tumor dalam tubuh.

Tingkatkan Kesehatan Mata

Tentu saja kita tahu bahwa seiring bertambah usia, sel-sel pada mata cenderung rusak atau disebut degenerasi makula.

Degenerasi ini bisa dicegah dengan meningkatkan asupan Vitamin A. Anda bisa meminum jus nanas karena mengandung beta karoten, nutrisi yang berubah menjadi Vitamin A.

Artinya, nanas dapat membantu meningkatkan kesehatan mata.

Mencegah Kanker

Konsumsi nanas juga dapat mencegah kanker berkat kandungan beta karoten-nya.

Tingkatkan Kesuburan

Olahan nanas menjadi jus membuat kandungan mineralnya seperti seng, tembaga, beta-karoten, folat dan lain-lain, membantu pria dan wanita untuk memiliki sistem reproduksi yang sehat.

Menyembuhkan Kulit

Dengan kandungan vitamin C-nya yang menghasilkan lebih banyak kolagen dan elastin, nanas membantu mempercepat penyembuhan kulit, mengurangi keausan pada kulit, dan memperbaiki tekstur kulit.

Menjaga Gigi dan Gusi

Cukup dengan makan irisan nanas akan menjaga gigi dan gusi yang sehat. Ini juga membantu membuat gigi terlihat lebih putih dan menghilangkan plak.

Mengurangi Efek Penuaan

Anda bisa menggunakan nanas sebagai masker untuk mengurangi efek penuaan karena mengandung asam alpha-hydroxy dan antioksidan untuk menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Menghilangkan Kutil

Apakah Anda mempunyai kutil? Jika iya, salah satu cara terbaik untuk menghilangkannya bisa dengan menerapkan nanas langsung ke kulit selama 10 menit.

Bukan hanya kutil, cara ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan tahi lalat. Tenang, kandungan vitamin C pada ini aman terhadap kulit sensitif.

Memperkuat Kuku dan Kutikula

Kulit kering dan kuku sering patah juga bisa diatasi dengan nanas. Jadi, kekurangan vitamin dalam tubuh akan dikurangi jika Anda mengonsumsi buah ini sehingga dapat menguatkan kuku dan kutikula.

Mengatasi Bintik-bintik di Wajah

Tak hanya mencegah efek penuaan pada wajah, buah nanas juga membantu menghilangkan bintik-bintik di wajah hingga menghilangkan komedo dan mencegah jerawat.

Sebagai Sumber Energi

Vitamin B1 yang ada di dalam buah nanas dapat mengubah gula menjadi energi. Oleh sebab itu, Anda disarankan mengonsumsi buah nanas sehari-hari atau rutin mengonsumsi jus nanas.

Banyak sekali manfaat nanas bagi kesehatan, namun ingat, jangan sampai Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Apa yang terjadi jika terlalu berlebihan mengonsumsi nanas? Umumnya Anda akan merasakan bengkak dan agak gatal di bagian, bibir, lidah dan pipi bagian dalam. Biasanya akan hilang dalam beberapa jam.

Jangan diteruskan mengonsumsi nanas jika gejala di atas disertai gatal-gatal sampai sulit bernapas, bisa jadi Anda memang alergi buah nanas.

Khusus untuk wanita hamil, asupan kandungan bromelain yang berlebihan akan mengakibatkan kontraksi rahim dan berpotensi menimbulkan keguguran.

Oleh karena itu, konsumsilah dalam batas wajar, karena bromelain dalam level membahayakan baru bisa didapat jika Anda melahap dua nanas utuh sekaligus.

Itulah beragam manfaat buah nanas dan efek sampingnya jika Anda terlalu berlebihan mengonsumsinya. Semoga bermanfaat! (CW-004)

loading...

Komentar