GAYAIN  

Kota Baru Parahyangan, Destinasi Liburan Unggulan di Bandung Barat

Kota Baru Parahyangan, Destinasi Liburan Unggulan di Bandung Barat
Ist/R015/ruber.id

GAYAIN, ruber.id – Kota Baru Parahyangan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat merupakan kota mandiri, madani, dan alami berwawasan pendidikan dengan fasilitas yang serbalengkap, pertama dan terbesar di kawasan Metropolitan Bandung.

Salah satu fasilitas terbaik yang sudah hadir antara lain, tempat wisata. Mulai dari tempat wisata kuliner, belanja, olahraga hingga tempat rekreasi keluarga.

Dalam perkembangannya, kehadiran sejumlah tempat wisata yang terencana dan representatif telah menjadikan Kota Baru Parahyangan sebagai destinasi liburan unggulan di Kabupaten Bandung Barat.

Segala kebutuhan yang berdasarkan prinsip “3A” pengelolaan kepariwisataan. Yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas sudah tersedia dengan baik dan superlengkap.

Oleh karena itu, Kota Baru Parahyangan adalah kota yang tepat sebagai destinasi liburan keluarga, baik sekadar weekend gateaway (liburan akhir pekan). Melepas penat dan refreshing, liburan sekolah, liburan akhir tahun maupun liburan Lebaran.

Wisatawan bisa memulai liburan di Kota Baru Parahyangan dari Mason Pine Hotel, sebuah resor yang luas dengan suasana nyaman dengan panorama pegunungan Bandung yang memanjakan mata.

Baca juga:  Pesona Eksotis Macau, Keindahan Destinasi Wisata yang Unik

Hadirnya IKEA Store, menambah area town center Kota Baru Parahyangan menjadi semakin lengkap.

Pengunjung pusat perbelanjaan yang identik dengan warna kuning-biru ini juga tak hanya para penghuni di Kota Baru Parahyangan, tetapi juga dari luar kota.

Terbaru, kehadiran Yogya Departement Store menambah alternatif yang impresif sebagai tempat wisata belanja keluarga.

Bagi wisatawan pencinta kuliner, Bumi Hejo adalah tempat yang akan memanjakan lidah dan menggugah selera dengan beragam jajanan kuliner khas Indonesia dan internasional.

Sejumlah kawasan kuliner di Kota Baru Parahyangan juga, tersebar di berbagai tempat. Seperti Pariwarna Niaga, Pancawarna Niaga, dan kawasan niaga lainnya serta Kota Baru Food Market di area Bale Pare akan melengkapi waktu liburan keluarga dan kerabat di kota yang sejuk dan asri.

Liburan bersama keluarga dan kerabat di Kota Baru Parahyangan semakin seru dengan hadirnya sarana rekreasi Wahoo Waterworld.

Dirancang untuk segala usia dan mengasyikkan ini menawarkan beragam wahana permainan yang tergolong aman bagi anak dan dewasa.

Baca juga:  Pemprov Jabar Terbaik Pembangunan Daerah 2022

Sejak dibuka pada Maret 2023, Wahoo Waterworld yang memiliki banyak wahana permainan seru dan menantang selalu menjadi pilihan favorit wisatawan sebagai tempat rekreasi.

Di sekitar Wahoo Waterworld, wisatawan bisa menghabiskan waktu bersantai di Tepi Danau, berperahu keliling danau yang memukau atau sekadar melepas penat sembari menikmati kopi atau sajian lain yang lezat.

Wisata Art & Science yang tak kalah unggul lainnya adalah Bale Seni Barli dan Sundial Puspa Iptek.

Bagi wisatawan yang gemar seni, Bale Seni Barli adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta.

Di tempat wisata seni ini, wisatawan juga dapat mengajak si buah hati untuk mengembangkan bakat seninya. Mulai dari melukis, hingga bermain angklung.

Berada di sekitar gerbang Kota Baru Parahyangan, Sundial Puspa Iptek sebagai pusat pameran ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki lebih dari 150 pameran ukuran kecil hingga besar.

Pameran unggulannya yaitu jam matahari vertikal besar dan jam matahari horizontal raksasa sekaligus terbesar di Indonesia.

Baca juga:  Tim SAR Temukan Mancing Mania yang Tenggelam di Waduk Cirata

Selama Libur Lebaran 2024, Kota Baru Parahyangan Diserbu Puluhan Ribu Wisatawan

Pada momen libur Lebaran atau Idulfitri 2024, Kota Baru Parahyangan menyambut puluhan ribu wisatawan dan ini meningkat dari tahun lalu.

Para wisatawan tak hanya datang dari kawasan Bandung Raya, tetapi juga dari berbagai kota. Seperti Jakarta dan sekitarnya, beberapa kota besar di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ramainya wisatawan ke Kota Baru Parahyangan antara lain tak terlepas dari okupansi Mason Pine Hotel yang full booked selama momen libur Lebaran 2024.

Selain itu, kunjungan wisatawan ke Kota Baru Parahyangan terlihat dari meningkatnya pengunjung ke Wahoo Waterworld. Pada 2024, pengunjung ke Wahoo Waterworld total mencapai 14.000 orang.

Peningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Baru Parahyangan juga tak lepas dari hadirnya kereta cepat Whoosh Jakarta-Bandung.

Kereta ini, menempuh perjalanan hanya 30 menit dari Stasiun Halim Jakarta ke Stasiun Padalarang Kabupaten Bandung Barat.