GARUT  

Korem 062/Tarumanagara dan Diskominfo Garut Ajak Warga Cerdas Bermedia Sosial

Korem 062/Tarumanagara dan Diskominfo Garut Ajak Warga Cerdas Bermedia Sosial
Seminar Komunikasi Sosial (Komsos) bersama Korem 062/Tarumanagara, bertema Pemanfaatan Media Sosial di Era Digital, di Aula Makorem 062/Tarumanagara, Jalan Bratayuda, Garut, Rabu (22/6/2022). ist/ruber.id

BERITA GARUT, ruber.id – Korem 062/Tarumanagara bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut menggelar acara Komunikasi Sosial (Komsos).

Seminar berlangsung di Aula Makorem 062/TN, Jalan Bratayuda, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu, 22 Juni 2022.

Kegiatan ini menghadirkan Sub Koordinator (Subkor) Kemitraan Informasi Publik Diskominfo Garut Yanyan Agus Supianto.

Yanyan bertindak sebagai pemateri dengan tema Pemanfaatan Media Sosial di Era Digital.

Acara ini, turut dihadiri oleh perwakilan aparat pemerintah dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di wilayah Priangan Timur.

Dalam materinya, Yanyan menyampaikan terkait isu hoaks. Di mana, berdasarkan data dari Jabar Saber Hoaks, pada bulan Mei 2022, dari total 75 aduan dan pantauan isu, terdapat 65 aduan atau informasi yang terklarifikasi hoaks.

Baca juga:  Terseret Ombak di Perairan Cianjur, Nelayan Ini Ditemukan di Pantai Rancabuaya Garut

Terkait penggunaan internet sehat dan aman, kata Yanyan, dalam menggunakan media sosial memerlukan etika.

Sama halnya, dengan berbicara langsung di muka umum. Sehingga, dibutuhkan komunikasi yang santun.

“Berkomunikasi dengan kata-kata yang santun, tidak sembarangan melontarkan kata-kata atau kalimat tanpa dipikirkan terlebih dahulu. Yang akhirnya, dapat memicu keributan,” kata Yanyan.

Yanyan menyarankan, senantiasa mengindari menggunakan medsos saat emosi sedang buruk.

Karena, kata Yanyan, dalam kondisi tersebut, tanpa sadar meluapkan perasaan negatif yang nantinya, membuahkan masalah baru.

“Intinya, bermedsos itu harus menggugah. Bukan menggugat,” tegas Yanyan.

Sementara itu, Kepala Seksi Teritorial Korem 062/Tarumanagara Letkol Inf. Sutandri Munawi menyampaikan, terima kasih kepada Diskominfo Garut. Yang telah menjadi pemateri dalam kegiatan yang merupakan program rutin Korem 062/TN setiap tahun.

Baca juga:  Kontak Erat dengan Pasien Corona, Hasil Rapid Test 2 Warga Garut Ini Positif

“Jadi, kami undang di sini banyak sekali di dinas-dinas yang berada di wilayah Korem 062. Dari Satpol PP, BPBD, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo sendiri,” ucapnya.

Sutandri menuturkan, salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah mempererat tali silaturahmi antarinstansi. Khususnya, yang berada di wilayah Priangan Timur, terutama Kabupaten Garut.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menampung semua aspirasi yang ada di wilayah masing-masing.

Sutandri berharap, dengan adanya kegiatan ini tali silaturahmi antarinstansi di Priangan Timur dan Kabupaten Garut dapat menciptakan situasi yang kondusif.

Terutama, di era digital saat ini. Dimana, pengetahuan tentang media sosial saat ini dianggap penting. Sehingga, para orang tua dapat memahami apa yang terjadi saat ini.