Kafilah Kota Tasikmalaya Semarakkan Pawai Taaruf MTQ Ke-37 di Sumedang

Kafilah Kota Tasikmalaya Semarakan Pawai Taaruf MTQ ke-37 di Sumedang
Foto andy kusmayadi/ruber.id

BERITA TASIKMALAYA, ruber.id – Kafilah Kota Tasikmalaya semarakkan Pawai Taaruf Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-37 tingkat Provinsi Jawa Barat, di Kabupaten Sumedang, Minggu, 19 Juni 2022.

Kota Tasikmalaya mempersembahkan pertunjukkan helaran seni budaya dalam pawai Taaruf MTQ ke-37. Dengan menyuguhkan sajian pertunjukan kolaborasi dari kesenian Tarangtang, Tari Payung Geulis, dan Lengser Ambu.

Kesenian Tarangtang dari Sanggar Ligar Motekar, merupakan salah satu kesenian khas Kota Tasikmalaya yang nota bene Kota Santri.

Garapan kesenian ini, merupakan seni kreasi Islami yang terdiri dari 4 buah alat musik rebana kecil (kotek), 1 set rebana berukuran sedang. Kemudian 2 beduk, 1 buah kohkol (kentongan), 1 tambourine, 1 Cymbal, 2 saron, dan 1 vokal.

Baca juga:  Seni Teater dan Longser Semarakkan HUT ke-76 RI di Cigaraja Paseh Tasikmalaya

Kemasan pertunjukkan ini menyajikan lagu-lagu religi (selawat) yang dipadukan dengan langgam lagu-lagu Sunda.

Suguhan Kafilah Kota Tasikmalaya ini, memukau para penonton yang hadir. Ditambah dengan gemulai lima orang penari yang membawa payung geulis khas Kota Tasikmalaya.  

Disamping itu, tingkah lucu yang mengundang gelak tawa penonton, dari gerakan ibing lima pasang Lengser dan Ambu Klassik (Komunitas Lengser Ambu Tasikmalaya), menambah semarak suasana.

Garapan pertunjukkan ini, merupakan sebuah kolaborasi dari unsur musik dan tarian yang dikemas apik oleh para seniman. Binaan dari Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya.

Kepala Seksi Kesenian (Kasi) Elis Darliani yang akrab disapa Aceuk Ijem menuturkan, lebih dari dua pekan para seniman berproses untuk garapan MTQ ini.

Baca juga:  Brigez Cineam Bagikan Santunan kepada Lansia di 3 Desa

Karena, harus menyuguhkan penampilan yang terbaik agar Kota Tasikmalaya dapat di apresiasi oleh 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

“Usai acara MTQ ini, mudah-mudahan rombongan kesenian ini dapat ikut serta pada kegiatan Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2022. Yang akan diselengarakan di Padang. Semoga, kita dapat mengharumkan Kota Tasikmalaya pada bidang seni dan budaya dikancah nasional,” tuturnya.

Dihadiri Walikota Tasikmalaya

Dalam kesempatan ini, turut hadir Walikota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf, beserta Istri Hj Rukmini Yusuf.

Hadir pula perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tasikmalaya yang ikut serta dalam barisan pawai.

Di depan panggung kerhormatan, para penari berserta pemusik menyuguhkan tari kreasi Islami. Dan mendapat apresiasi yang tinggi, dari sejumlah udangan dan tamu kehormatan.

Baca juga:  Bantuan untuk Pedagang di Sekolah Sudah Disalurkan

Usai menyuguhkan tarian, sejumlah OPD membagikan kenangan-kenangan topi anyaman pandan khas Kota Tasikmalaya, kepada para penonton Pawai Taaruf.