oleh

Kabin Mobil Bau Asap Rokok? Begini Cara Menghilangkannya

BERITA TIPS & HOBI, ruber.id – Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok, terutama di dalam mobil, tentunya menyisakan bau.

Terkadang bau rokok tersebut cukup menggangu penumpang lainnya yang tidak merokok. Atau mungkin sebaliknya, ada penumpang yang selalu merokok di dalam mobil dan Anda merasa terganggu dengan baunya yang tertinggal.

Pasalnya, bau asap rokok dapat melekat pada seluruh interior mobil, mulai dari jok, plafon, dashboard dan interior lainnya.

Jika sudah begitu, apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau asap rokok? Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Berikut cara-cara menghilangkan baunya menggunakan bahan alami.

Bubuk Kopi

Untuk bahan yang satu ini umumnya selalu ada di setiap rumah. Terlebih bagi Anda yang suka merokok, tentunya selalu ditemani kopi.

Nah, Anda bisa memanfaatkan bubuk kopi untuk menyerap bau rokok di mobil.

Cukup sebarkan bubuk kopi ke karpet mobil atau jok. Gunakan wadah agar tidak kotor dan diamkan selama 12 jam atau semalaman.

Supaya bau dalam kabin terserap sempurna, letakkan bubuk kopi secara menyeluruh. Disarankan menggunakannya sesering mungkin, apalagi jika bau sangat menyengat.

Cuka

Cara lain yang lebih cepat untuk menghilangkan bau rokok adalah dengan menggunakan cuka dapur. Dalam beberapa jam saja, bahan ini ampuh menyerap aroma seperti rokok.

Tempatkan cuka ke dalam wadah yang terbuka dan berikan di beberapa bagian kabin mobil selama tiga hingga empat jam. Agar baunya terserap, tutup mobil dan Anda akan merasakan udara ruangan terasa lebih netral setelahnya.

Kulit Jeruk

Anda juga bisa meletakkan kulit Jeruk untuk menghilangkan bau rokok di dalam kabin mobil. Namun Anda harus memastikan kulit jeruknya masih segar karena mampu menyerap aroma rokok dalam kabin.

Pada beberapa titik kabin, simpan kulit jeruk yang masih segar. Biarkan selama beberapa hari sampai kering dan ganti dengan yang baru.

Bubuk Kayu Manis

Dengan memakai bubuk kayu manis, ruang kabin tak hanya bebas dari bau rokok, tetapi juga menjadi lebih wangi.

Hanya dalam penggunaannya, Anda harus mencampur dengan cuka apel. Campurkan seperempat gelas dengan setengah gelas cuka apel lalu aduk sampai merata dan masukkan ke wadah yang terbuka.

Kemudian, simpan wadah ke beberapa sudut kabin dan biarkan selama beberapa jam.

Arang

Bahan alami terakhir yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau rokok di mobil adalah arang.

Sejak dahulu, arang biasanya digunakan untuk menghilangkan kelembaban dalam ruangan, sekaligus mengusir bau tak sedap seperti asap rokok.

Karena bentuknya yang padat, bahan ini juga cenderung tidak mengotori kabin jadi lebih praktis. Bila ingin menggunakan bahan alami ini, Anda cukup letakkan arang di beberapa titik kabin dan tunggu sampai bau menghilang.

Itulah bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau asap rokok di dalam kabin mobil.

Namun demikian, agar tidak sampai bau rokok menempel di mobil, Anda bisa melakukan perawatan rutin.

Asap rokok yang menempel pada interior mobil bisa menciptakan bercak kekuningan dan itu tidak bisa dihilangkan dengan mudah, sehingga membuat interior mobil terlihat kotor.

Menggubakan bahan alami saja tidak cukup, Anda juga harus rajin membersihkan kabin.

Anda bisa melakukan beberapa cara untuk menjaga kebersihan mobil seperti berikut ini.

Rutin Bersihkan Sampah

Ketika sampah tidak segera dibersihkan, itu dapat menyebabkan bau rokok tak kunjung hilang.

Alangkah baiknya jika Anda menyiapkan tempat sampah kecil sehingga Anda mudah membuangnya.

Vakum seluruh interior mobil sehingga tak ada lagi debu yang menjadi sumber bau asap rokok lalu letakkan wewangian, baik yang alami atau buatan.

Menggunakan Bahan Enzimatik

Di pasaran, harga bahan yang satu ini cukup mahal, gunakanlah sesekali saja ketika ruangan terlalu berbau asap rokok.

Anda bisa menggunakan enzimatik untuk menghilangkan noda menguning akibat rokok sekaligus dengan bau.

Kalau susah mendapatkannya, Anda bisa membuat enzimatik sendiri dari bahan seperti gula coklat, ragi, air hangat dan kulit jeruk segar yang dicampur.

Buka Kaca Jendela Saat Merokok

Ingatlah untuk membuka jendela saat Anda ingin merokok. Jangan lupa matikan AC terlebih dahulu sebelum membuka jendela. Hal ini untuk mencegah agar asap rokok tidak berlebihan menempel pada interior mobil.

Disamping itu, sirkulasi udara dalam kabin akan terus berganti dan asap rokok juga akan keluar terbawa angin.

Tetapi Anda harus memperhatikan kondisi lalu lintas supaya yang masuk adalah udara segar.

Buka kaca jendela 5-10 menit setelah merokok, supaya asap rokok benar-benar hilang, kemudian Anda bisa menutup jendela kembali dan menyakakan AC.

Pergi ke Salon Mobil

Pergi ke salon mobil merupakan cara yang sebaiknya dilakukan oleh Anda yang tidak memiliki banyak waktu membersihkan interior mobil sendiri.

Tentu saja karena melalui jasa salon, mobil Anda tak hanya bebas dari asap rokok tetapi juga lebih kinclong.

Khususnya bagi Anda yang sering bepergian jauh, jagalah kebersihan mobil agar bagian mobil lebih awet karena terawat. Semoga artikel ini bermanfaat ya dan selamat mencoba! (CW-004)

BACA JUGA: Ternyata Membersihkan Rantai Ada Caranya, Begini yang Benar

loading...

Komentar