21.4 C
Indonesia
Selasa, November 30, 2021

Jangan Langsung Dinyalakan, Ini Langkah yang Harus Dilakukan Saat HP Terkena Air

TIPS & HOBI, ruber.id – Saat ini hampir semua orang menggunakan handphone (HP) atau ponsel untuk berkomunikasi dengan banyak orang.

Namun, Anda harus ekstra hati-hati dalam menggunakannya, terutama di musim penghujan. Jangan sampai ponsel Anda terkena air hujan, atau bahkan terendam air.

Tapi seandainya tiba-tiba HP Anda terkena air saat sedang asyik digunakan, seperti kena tumpahan air minum atau lainnya, jangan panik.

Bagi Anda yang HP-nya dilengkapi fitur waterproof, terkena air bukanlah suatu masalah besar. Sebaliknya, jika tak ada fitur waterproof, apa yang sebaiknya Anda lakukan?

Yang paling penting, ketika HP terkena air, jangan langsung menghidupkan HP. Hindari menggerakkan HP secara berlebihan agar terhindar dari korsleting.

Selain itu, berikut langkah yang harus Anda lakukan ketika HP terkena air.

Matikan HP

Usahakan mematikan ponsel atau HP tanpa menyalakan layar, yakni dengan melepas baterai HP.

Bila HP Anda menggunakan baterai tanam, tekan tombol power off sampai HP mati.

BACA JUGA:  Gaya Klasik Bikin Kamu Tampil Elegan, Perhatikan Tips Berikut

Ini bertujuan agar HP tidak mengalami korslet pada bagian mesin yang terlanjur terkena air, sehingga tidak terjadi kerusakan yang semakin parah.

Lepaskan SIM, Memory Card dan Baterai

Setelah mematikan ponsel, lepas SIM card, memory card dan baterai serta komponen-komponen yang bisa dilepas dengan mudah.

Simpan semua komponen di atas kain yang kering untuk mengurangi dampak kerusakan yang lebih besar terhadap HP.

Keringkan Bagian Luar

Selanjutnya, bersihkan dan keringkan bagian luar HP dengan kain kering, lalu ke bagian yang dapat dengan mudah dikeringkan.

Anda harus melakukannya dengan perlahan, jangan terburu-buru agar air tidak menyebar ke komponen lainnya. Sebaiknya hindari hal ini jika air akan masuk ke bagian LCD ya.

Selamatkan LCD

Anda harus memastikan keselamatan LCD, karena LCD berisi filamen lunak yang tidak tahan pada kelembapan air. LCD yang terkena air sangat rentan rusak dan menimbulkan flek hitam pada layar LCD kalian.

BACA JUGA: Aplikasi-aplikasi Ini Bisa Melacak Nomor HP, Awas Jangan Disalahgunakan!

BACA JUGA:  Wanita Harus Tahu! Ini Dampaknya Jika Anda Stres

Gunakan Vacuum Cleaner

Ketika HP smartphone Anda terkena air, jangan meniup sudut-sudutnya karena akan menyebabkan air masuk lebih dalam ke HP.

Disarankan menggunakan vacuum cleaner mini untuk menarik keluar air di dalam HP.

Jangan Dijemur

Untuk mengeringkan HP, jangan menjemurnya di bawah sinar matahari. Hal ini dikhawatirkan dapat merusak komponen yang ada di dalam ponsel.

Gunakan Silica Gel

Selain dengan vacuum cleaner, Anda bisa mengeringkan HP yang terkena air menggunakan silica gel. Karena, silica gel dapat mengeringkan HP dengan menyerap kelembapannya.

Tak hanya itu, silica gel juga dapat mencegah kondensasi atas pengembunan pada perangkat elektronik.

Cukup letakkan HP di tumpukan silica gel dan diamkan selama dua hingga tiga hari. Langkah ini tergolong mudah dan efektif.

Hindari Penggunaan Hair Dryer

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa untuk mengeringkan HP harus menggunakan hair dryer.

Mulai sekarang, hindari cara itu karena akan meningkatkan risiko kerusakan pada komponen HP.

BACA JUGA:  Mual Setelah Berolahraga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anda perlu tahu bahwa panas yang dihasilkan oleh hair dryer dapat membuat listrik di dalam HP menjadi cepat naik suhunya.

Gunakan Kipas

Kipas juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi HP terkena air. Walaupun bisa memakan waktu yang cukup lama, tapi cara ini efektif untuk dicoba.

Hindari Kontak Listrik

Anda harus memastikan ponsel sudah dalam keadaan kering saat di-charge. Kalau tidak, dikhawatirkan akan terjadi korslet.

Cek Secara Rutin

Apabila HP Anda sudah bisa menyala, cek secara rutin dan perhatikan apakah ada yang berbeda pada ponsel muncul setelah beberapa hari ke depan.

Anda bisa mencoba beberapa aplikasi yang ada di HP seperti pemutar musik, speaker dan aplikasi yang lainnya, masih normal atau tidak.

Seandainya semua cara sudah dilakukan dan HP tidak bisa menyala, segera servis ke tempat langganan Anda yang sudah dipercaya. Bisa jadi kerusakan yang ditimbulkan cukup parah. (CW-002)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles