oleh

Hindari Minuman-minuman Ini Saat Sahur Agar Puasa Lancar

BERITA TIPS & HOBI, ruber.id – Sebentar lagi puasa akan tiba. Bulan Ramadan yang ditunggu-tunggu umat Islam sudah di depan mata.

Berbagai persiapan pun dilakukan, mulai dari menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka maupun sahur.

Saat menjalankan puasa seharian, Anda harus memperhatikan asupan tubuh, terutama ketika sahur.

Sahur sama dengan sarapan, cukup penting dalam berpuasa. Ketika Anda makan saat sahur, itu menyumbang sekitar 30% kebutuhan kalori dalam sehari.

Nah, nutrisi itulah yang merupakan bekal untuk beraktivitas sepanjang hari selama menjalankan puasa. Jadi, sebaiknya jangan melewatkan makan sahur dan pilihlah menu yang sehat.

Bukan hanya makanan, Anda juga harus memperhatikan minumannya. Hindari beberapa minuman yang tidak baik dikonsumsi saat sahur.

Berikut minuman-minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur.

Kopi

Sebagian orang menjadikan kopi sebagai sarapannya. Namun, minuman ini tidak disarankan sebagai minuman sahur apalagi bagi penderita penyakit maag.

Dengan meminum kopi, berisiko mengiritasi lambung dan menyebabkan peningkatan asam lambung.

Mengonsumsi kopi juga dapat menyebabkan regurgitasi atau refluks (kembalinya asam lambung dari lambung ke kerongkongan).

Sifat diuretik yang dimiliki kopi dapat membuat Anda sering buang air kecil dan kondisi itu menyebabkan rasa haus yang berlebihan.

Minuman Manis

Hindari minuman manis seperti jus buah dalam kemasan yang mengandung tinggi gula.

Kadar gula dalam darah akan cepat meningkat tetapi dapat dengan cepat pula menurunkannya kembali jika Anda minum minuman mengandung gula tinggi. Alhasil, Anda jadi mudah lemas dan mengantuk.

Kalaupun ingin minum jus buah, disarankan untuk tidak ditambah lagi dengan gula.

Minuman Bersoda

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa minuman bersoda tidak baik dikonsumsi saat sahur apalagi dalam kondisi perut kosong. Karena, dapat menimbulkan iritasi lambung, terutama bagi Anda yang memiliki sakit maag.

Anda juga akan merasakan perut kembung, mual dan tidak nyaman jika mengonsumsi minuman soda saat sahur, dan itu sangat menggangu puasa Anda.

Air Dingin

Air mineral memang dianjurkan dikonsumsi karena manfaatnya memang baik untuk kesehatan tubuh.

Hanya saja, sebaiknya tidak dikonsumsi dalam kondisi dingin saat sahur terutama dalam keadaan perut kosong karena dapat membuat lambung berkontraksi dan menimbulkan sakit perut.

Teh

Teh sama dengan yang mengandung kafein. Sehingga, mengonsumsi teh saat sahur akan sama dengan kopi, risikonya juga hampir sama.

Terlebih, jika ditambahkan dengan beberapa sendok gula akan menimbulkan rasa lemas, lelah, hingga rasa kantuk.

Air Jeruk

Rasa air jeruk memang menyegarkan, tapi jangan diminum saat sahur ya. Air jeruk berisiko meningkatkan asam lambung yang membuat puasa pun tidak nyaman.

Apalagi jika Anda memang sudah memiliki riwayat penyakit maag, minuman ini dapat meningkatkan risiko maag kambuh saat puasa.

Itulah minuman-minuman yang sebaiknya dihindari ketika sahur agar puasa Anda lancar. Semoga bermanfaat! (CW-004)

BACA JUGA: Manfaat Buah Nanas, Cegah Kanker hingga Tingkatkan Kesuburan

loading...

Komentar