oleh

Gerakan Cinta Zakat, Ajak Warga Sumedang Gemar Bantu Sesama

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Pemkab Sumedang bersama Baznas Sumedang me-launching Gerakan Cinta Zakat pada peringatan Nuzulul Alquran di Gedung Negara, Kamis (29/4/2021).

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menyebutkan, gerakan cinta zakat merupakan upaya untuk mendorong umat Islam di tanah air agar gemar menunaikan zakat, infaq, dan sedekah untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Gerakan ini, kata Dony, sejalan dengan program pemerintah yang memiliki kerja sangat besar untuk mengentaskan kemiskinan.

Selain itu, menangani musibah dan bencana serta menuntaskan program program pembangunan berkelanjutan (SDGS).

Gerakan Cinta Zakat secara nasional sudah diluncurkan pada 3 Ramadan 1442 H/15 April 2021 oleh Presiden Joko Widodo.

Gerakan ini, diawali dengan pembayaran zakat yang diikuti seluruh jajaran Menteri Kabinet dan seluruh pemerintah provinsi, kota, dan kabupaten.

“Zakat merupakan kewajiban tiap umat muslim. Melalui gerakan cinta zakat ini, diharapkan bisa memberikan efek psikologis bagi umat untuk menunaikan dan menyosialisasikan kepada warga agar senantiasa menunaikan zakat.”

“Karena zakat, merupakan kewajiban kita semua yang akan menyucikan harta dan jiwa kita.”

“Untuk itu, mari bersama-sama menjadi bagian yang ikut menunaikan, menyosialisasikan, dan mengajak warga untuk menunaikan zakatnya,” katanya.

Dony menjelaskan, pada bulan suci Ramadan menuju Idul Fitri ini, biasanya banyak umat Islam yang menunaikan zakat fitrah dan zakat mal.

Dony berharap, semua itu bisa dijalankan dan lembaga yang ada bisa menjadi pengumpul dan penyalur mustahiknya.

“Baznas sebagai salah satu lembaga penghimpun zakat telah melakukan upaya maksimal untuk menghimpun dan menyalurkan dengan baik.”

“Terbukti, Baznas menjadi bagian solusi membangun Sumedang, memberdayakan umat dan membantu masyarakat,” jelasnya.

Dony juga mengajak kepada seluruh warga khususnya kepada para OPD dan jajaran aparatur sipil negara (ASN), untuk melaksanakan zakat, infaq, dan sedekah dengan sebaik-baiknya sebagai pembersih jiwa dan harta di bulan suci Ramadan.

“Mari bersama-sama membersihkan jiwa dan harta serta menolong sesama. Mudah-mudahan zakat, infaq dan sedekah bisa kita tunaikan di bulan suci Ramadan ini.”

“Karena kita yakin, ketika dilaksanakan di bulan suci Ramadan, pahalanya akan berlipat ganda dan ada ‘sampereun jaga, di yaumil akhir’,” ucapnya. (R003)

BACA JUGA: Kasus Covid-19 Masih Terus Bertambah, Warga Sumedang Diminta Lebih Disiplin Prokes

loading...

Komentar