EKBIS  

Genap 45 Tahun, BPJS Ketenagakerjaan Satukan Semangat Sejahterakan Pekerja

Genap 45 Tahun, BPJS Ketenagakerjaan Satukan Semangat Sejahterakan Pekerja

BERITA BISNIS, ruber.id – Genap memasuki usia 45 tahun, BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek berikrar ùntuk terus berkembang dan bergerak maju. Menjaga integritas serta menyatukan semangat untuk menyejahterakan seluruh pekerja Indonesia.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo mengatakan, pihaknya berkomitmen menyatukan semangat yang datang dari seluruh insan BPJS Ketenagakerjaan.

Juga, dari stakeholders terdekat seperti kementerian, pengusaha hingga serikat pekerja/buruh, untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja Indonesia.

“Hari ini kami genap berusia 45 tahun, sebuah usia yang sudah bisa dibilang matang. Kami berikrar untuk terus memperluas cakupan perlindungan program jaminan sosial ketenagakerjaan untuk seluruh pekerja. Terutama saat ini, untuk pekerja informal atau pekerja bukan penerima upah.”

“Dan juga, kami akan terus meningkatkan kualitas pelayanan. Sehingga peserta, akan semakin merasakan manfaat hadirnya BPJS Ketenagakerjaan,” kata Anggoro.

Kampanye Kerja Keras Bebas Cemas

Diketahui, yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan saat ini adalah mengoptimalkan strategi ekstensifikasi, intensifikasi, dan retensi.

Kemudian, memanfaatkan peluang kerja sama dengan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, business to business, serta utilisasi engine PERISAI.

Karena target peserta adalah BPU, kampanye Kerja Keras Bebas Cemas akan digunakan untuk melindungi sebanyak-banyaknya pekerja.

Baca juga:  Semarak Hari Pelanggan Nasional, BPJAMSOSTEK Sumedang Peduli di Masa Pandemi

“Saat ini, pencapaian kepesertaan aktif kami adalah sebanyak 36 juta tenaga kerja atau meningkat 6 juta dari tahun sebelumnya.”

“Angka peningkatan ini, merupakan rekor tertinggi selama BPJS Ketenagakerjaan berdiri, dan target sampai dengan tahun 2026 adalah 70 juta tenaga kerja,” ucap Anggoro.

Selama tahun 2022, kinerja pelayanan BPJS Ketenagakerjaan juga terus meningkat.

Komitmen perubahan mindset ke arah customer oriented telah membawa perubahan terhadap kualitas manfaat dan layanan yang terasa makin dekat dengan peserta.

Tercatat, success rate Jaminan Hari Tua (JHT) tahun ini telah mencapai 99.58%, dengan rata-rata SLA masa tunggu JHT via Online atau video call kurang dari 3 hari. Serta rata-rata proses klaim JHT via Jamsostek Mobile (JMO) kurang dari 15 menit.

Utilisasi kanal klaim melalui aplikasi JMO juga tercatat di angka 25%, lebih tinggi dari kanal Kantor Cabang sebesar 15%. Namun, masih di bawah utilisasi kanal Online (video call) sebesar 60%.

Launching Pengembangan Ekosistem Aplikasi

Melalui JMO, di Desember ini BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan launching pengembangan ekosistem aplikasi. Dengan berbagai loyalty program & benefits yang bermanfaat bagi pekerja seperti fitur Dana Siaga, MLT, Wallet, Co-marketing, Inclusive Job Center, serta News & Entertainment.

Baca juga:  Cegah Perubahan Iklim, bank bjb Dukung Perdagangan Karbon

Hal ini, ditujukan untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada peserta, meningkatkan engagement dan utilisasi JMO, serta menjaga retensi tenaga kerja.

Jika melihat dari kinerja pengelolaan dana yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan, hasilnya pun sangat memuaskan.

Hingga saat ini, pengelolaan dana sudah di atas target yaitu mencapai Rp 616 triliun dengan penambahan pertumbuhan 14,8% YOY.

Hasil kinerja investasi juga mengalami pertumbuhan 15,7% YOY dengan realisasi Rp33,2 triliun.

Sebagai engine penguatan strategi investasi untuk mencapai target kelolaan dana sebesar Rp1.001 triliun di tahun 2026, BPJS Ketenagakerjaan akan segera mengimplementasikan terobosan baru dalam pengelolaan dana pada portofolio investasi langsung. Salah satunya, melalui inisiasi pembentukan Investment Holding Company.

Siap Hadapi Tantangan Dunia Ketenagakerjaan di Masa yang Akan Datang

Anggoro menyadari, ke depan dunia ketenagakerjaan akan sangat menantang.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh insan BPJS Ketenagakerjaan untuk terus meningkatkan kompetensi dan kualitas diri.

Baca juga:  Dukung Kemajuan UMKM, bank bjb Salurkan Kredit Mesra di Medan

Sehingga, walaupun di tengah era yang sangat dinamis ini, semua karyawan dapat mudah beradaptasi dengan perubahan dan memiliki solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi di institusi dan pekerja.

“Mari pekerja Indonesia, hari ini menjadi pengingat, negara telah hadir melalui BPJS Ketenagakerjaan. Semua inisiatif dan terobosan yang saat ini BPJS Ketenagakerjaan lakukan, semata-mata demi menjamin seluruh pekerja Indonesia dan keluarganya menjadi sejahtera,” kata Anggoro.

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sumedang Upayakan Pelayanan Maksimal kepada Seluruh Pekerja

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sumedang Dessy Sriningsih berharap di Hari Ulang Tahun Ke-45 BPJS Ketenagakerjaan berharap, dapat terus memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh pekerja di Indonesia.

“Sudah 45 tahun BPJS Ketenagakerjaan hadir, untuk memberikan pelayanan kepada seluruh pekerja Indonesia. Untuk itu, kami BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen akan selalu meningkatkan kualitas pelayanan.”

“Sehingga diharapkan, seluruh peserta dapat semakin merasakan manfaat hadirnya BPJS Ketenagakerjaan.”

“Dan kami, BPJS Ketenagakerjaan akan terus berinovasi guna memberikan kemudahan pelayanan bagi seluruh peserta,” kata Dessy.