Nelayan dan Wisatawan Diminta Jaga Kelestarian Laut

kelestarian laut
KETUA DPRD Pangandaran Asep Noordin. Nelayan dan wisatawan diminta jaga kelestarian laut. doc humas/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin mengajak semua stakeholder dan masyarakat untuk menjaga kelestarian laut. Setiap warga dapat menjaga kebersihan perairan dengan memastikan tidak membuang sampah sembarangan.

“Jangan membuang sampah di sembarang tempat, terutama di tepian sungai dan di pesisir pantai. Kebersihan menjadi tanggungjawab individu dan kelompok. Apalagi laut ini satu potensi besar yang menjadi aset Pangandaran,” kata Asep, Kamis (22/4/2021).

Asep menuturkan, salah satu permasalahan yang kian menjadi adalah banyaknya sampah plastik di perairan Pangandaran. Masalah sampah ini menjadi perusak keindahan dan kebersihan bahkan kelestarian ekosistem laut.

“Laut itu harus dijaga, karena merupakan sumber kehidupan yang menjanjikan bagi warga pesisir. Sampah yang dibuang di darat akan membawa masalah baru di pesisir pantai,” tuturnya.

Baca juga:  Pimpinan dan Anggota Dewan Pangandaran Serap Aspirasi Masyarakat Melalui Reses

Selain itu, pihaknya meminta para nelayan menyediakan tempat sampah di perahunya masing-masing. Asep menduga, ratusan bahkan ribuan nelayan yang pergi melaut setiap hari memiliki kebiasaan buruk membuang sampah ke laut.

“Nelayan ini harus kita ingatkan, memang jika satu perahu sampah yang dibuang ke laut sedikit. Tapi kalau nelayannya banyak dan itu terjadi setiap hari, maka pengaruhnya besar,” ujarnya.

Asep menambahkan, pihaknya juga menyoroti keberadaan perahu pesiar dan wisatawan yang turut menjadi penyumbang sampah. Perahu pesiar yang mengangkut wisatawan wajib menyediakan tempat sampah.

“Kemudian, kendaraan wisatawan yang masuk ke Pangandaran juga harus diperiksa keberadaan tempat sampah di dalam mobilnya. Pemkab pun sudah mengatur ketentuan itu dalam Perda. Tapi saya melihat pelaksanaannya belum maksimal,” tambahnya. (R002)

Baca juga:  Dinsos PMD Pangandaran Bantu Korban Kebakaran di Cijulang

BACA JUGA: Jelang Ramadan, Forum Umat Islam Datangi DPRD Pangandaran