29.4 C
Indonesia
Minggu, September 26, 2021
spot_img

Di Mata Politisi Ini, Herman Dinilai Ideal Menjabat Sebagai Orang Nomor Tiga di Sumedang

SUMEDANG, ruber — Dilantiknya Herman Suryatman menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan politisi di Kabupaten Sumedang.

BACA JUGA: Tinggalkan Jabatan Strategis di Kementerian, Herman Ikuti Panggilan Kalbu Jadi Sekda Sumedang

Salah satunya datang dari politisi muda asal Partai Nasdem Sumedang Reza Zaki. Reza menilai jika Herman yang kini menjadi orang nomor tiga di Sumedang merupakan sosok yang berpengalaman dalam dunia birokrasi. 

“Beliau sudah malang melintang, mulai karir sebagai kepala desa, camat, kepala dinas, hingga berhasil menjadi kepala biro di Kementerian Aparatur Sipil Negara (Kemenpan) RI memberikan pengalaman yang komprehensif kepada beliau,” ujar Zaki kepada ruber, Senin (14/1/2019).

Selain itu, Herman dikenal sebagai sosok birokrat yang inovatif. Selain berdarah seni, ia juga sangat mencintai dunia pendidikan. Bahkan, Herman yang juga kandidat doktor dari IPDN ini memiliki jejaring yang luas hingga ke tingkat nasional. 

“Gaya kepemimpinannya dirasa tepat untuk mengelola birokrat di Kabupaten Sumedang. Saya kenal beliau dari semasa saya mengelola komunitas. Beliau punya karakter yang energik dalam pemberdayaan masyarakat,” terangnya.

Zaki menyebutkan, dirinya terakhir kali bertemu pada saat sama-sama hadir dalam peluncuran Kampung Buricak Burinong bersama Bupati Sumedang H Doni Ahmad Munir. 

“Dari situ memang saya sampaikan harapan, semoga beliau bisa menjadi orang nomor tiga di Sumedang,” sebut Zaki.

Sementara itu, sebagai ketua Partai Nasdem Sumedang, dirinya sempat menanyakan tentang hal yang akan menjadi inovasi Herman dalam memimpin seluruh ASN di Kabupaten Sumedang.

“Jadi waktu itu beliau menyampaikan antara lain pertama, perencanaan ASN kini menggunakan alat tekhnologi informasi melalui aplikasi e-formasi. Kedua, pengadaan berbasis digital dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT).”

“Ketiga, pengembangan kompetensi CPNS yang baru masuk untuk terlebih dahulu diberikan pencerahan wawasan melalui ajang Presidential Lecture. Keempat, penilaian kinerja melalui PNS Inspiratif. Kelima, promosi, mutasi, dan rotasi bisa dilakukan tidak hanya pada level lokal namun juga nasional, dan seterusnya,” bebernya.

Tak hanya itu, lanjut Zaki, pengalaman Herman di pusat akan menjadi bekal baik bagi Sumedang untuk bisa berlari cepat membenahi birokrasi yang selalu menjadi alasan klasik dari belum baiknya prestasi di daerah. 

“Saya percaya dengan formasi kepemimpinan baru ini akan mampu membawa target-target pemerintah dalam waktu cepat,” ucapnya.

Zaki menambahkan, Partai Nasdem Sumedang juga memiliki tradisi dalam mengapresiasi ASN di Sumedang. Bahkan program tersebut sudah dilakukan dalam dua tahun terakhir.

“Melalui Restorasi Awards, kami juga mencoba memberikan apresiasi kepada para ASN yang layak untuk dijadikan teladan dalam memacu semangat kerja para birokrat di lingkungan masing-masing.”

“Bagi kami, ASN adalah garda terdepan dalam penciptaan pelayanan Terbaik di Sumedang. Setelah itu partisipasi masyarakat luas juga harus ikut mendukung kerja-kerja pemerintah yang baik ini,” tuturnya. bay

BACA JUGA: Herman: Saya Tertarik Sosok Setya Widodo

loading…


BACA JUGA:  Salah Tafsir Jadi Kendala Calon Anggota DPRD Incumbent Sampaikan Informasi kepada Masyarakat

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles