22.4 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
spot_img

Soroti Perpindahan ASN Ciamis ke Pangandaran Pascapilkada

PANGANDARAN, ruber — Perpindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Kabupaten Ciamis ke Kabupaten Pangandaran pasca-Pilkada Ciamis dikomentari berbagai pihak.

Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Ciamis Dafid Firdaus menilai, pengajuan perpindahan ASN dari Ciamis ke Pangandaran hendaknya dievaluasi.

“Harus dianalisa apakah ASN yang mengajukan perpindahan berdasarkan syarat dan ketentuan yang normatif sesuai regulasi, ataukah hanya pelarian pascapilkada,” kata Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Ciamis Dafid Firdaus.

Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Ciamis Dafid Firdaus menambahkan, pengajuan perpindahan ASN memang merupakan hak. Tetapi jika perpindahan dilatarbelakangi ketakutan karena pasangan calon yang didukung saat Pilkada lalu kalah, maka ini sebuah indisipliner.

BACA JUGA:  Tunjangan Kinerja Daerah Tertunda, Puluhan OPD di Pangandaran Ajukan Pencairan

“Itulah risiko jika ASN ikut campur persoalan politik praktis. Jika paslon yang didukungnya kalah, mereka langsung mengamankan diri masing-masing,” tambah Dafid.

BACA JUGA:  Tunjangan Kinerja Daerah Tertunda, Puluhan OPD di Pangandaran Ajukan Pencairan

Belajar dari kejadian tersebut, Dafid berpesan pada ASN, jangan sekali-kali terlibat politik praktis di setiap momentum Pemilu.

Sementara Kepala Sub Bidang Mutasi di Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Pangandaran Risa Gantira mengatakan, berdasarkan data satu tahun terakhir, ASN dari luar daerah yang pindah ke Kabupaten Pangandaran sebanyak 26 orang.

“Selain ASN dari luar daerah yang pindah ke Kabupaten Pangandaran sebanyak 26, ada juga ASN dari Pangandaran yang pindah ke luar daerah sebanyak 15 orang,” kata Risa.

BACA JUGA:  Bupati Pangandaran Serahkan SK Pengangkatan 427 CPNS

Risa menjelaskan, saat ini jumlah ASN di Kabupaten Pangandaran sebanyak 3.734 orang yang terdiri dari laki-laki 1.861 orang, dan perempuan 1.873 orang.

BACA JUGA:  Maksa Pakai Mobil Dinas untuk Mudik, ASN di Sumedang Bakal Disanksi

“Untuk jumlah pejabat struktural dari eselon IIa hingga IVb terisi sebanyak 460 jabatan dan 19 jabatan masih belum terisi,” jelas Risa.

Jabatan struktural sebanyak 19 yang belum terisi tersebut terdiri dari jabatan eselon IIIb sebanyak 1 jabatan, eselon IVa sebanyak 10 jabatan, eselon IVb sebanyak 8 jabatan. smf

Foto: Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Ciamis Dafid Firdaus. smf/ruang berita

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles