Cafe Kopi Menjamur, Robusta Pangandaran Mulai Dinikmati Seluruh Kalangan

PANGANDARAN, ruber.id — Kopi robusta hasil petani di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, kini dapat dinikmati seluruh kalangan. Baik muda maupun orangtua.

Pemilik kedai kopi Innovative di Pangandaran Dede Sukma mengatakan, usaha di dunia kopi dirasa menjanjikan, karena penggemar kopi sekarang makin banyak.

Ia menggagas kedai kopi satu tahun lalu, dan sekarang perkembangannya sangat baik.

Dede menyebutkan, dengan banyaknya kedai kopi di Pangandaran, baginya bukan sebuah persaingan usaha, melainkan tanda berkembangnya pelaku usaha kopi.

“Kebanggaan bagi kami pelaku usaha kopi karena sekarang kopi robusta hasil petani Pangandaran sudah digemari konsumen,” ucap Dede.

Dede menjelaskan, untuk mempertahankan eksistensi dan menjaga rasa kopi Pangandaran, ia sering menggelar diakusi dengan mendatangkan narasumber yang mahir di bidang kopi.

Hasil diskusi rutin yang dilaksanakan ini biasanya membahas seputar proses, dari mulai pemetikan hingga memilih biji kopi.

Selain proses pemetikan, proses tahapan pengolahan biji kopi jadi bahan poko diskusi.

“Proses pengolahan kopi ada 4 metode. Yaitu natural, semi wash, full wash, honey, dan wine,” katanya.

Untuk kopi robusta Pangandaran, lebih cocok disajikan dengan pengolahan natural dengan cara memilih biji kopi melalui metode perendaman.

“Kopi robusta yang baik untuk disajikan merupakan kopi yang tenggelam saat direndam dalam air,” ucap Dede. (R001/Syam)

Baca berita lainnya: Kopi Robusta asal Pangandaran Dilirik Negeri Sakura