24.4 C
Indonesia
Selasa, September 21, 2021
spot_img

Cocor Bebek Miliki Banyak Manfaat, Bisa Redakan Sakit Kepala dan Demam

BERITA TIPS, ruber.id – Tanaman hias cocor bebek memiliki banyak manfaat kesehatan. Termasuk meredakan sakit kepala dan demam yang tinggi.

Kebanyakan orang, tanaman ini hanya dijadikan sebagai tanaman hias saja. Ternyata tanaman yang memiliki nama latin Kalanchoe Pinnata Syn atau Bryophyllum ini, mampu meredakan sakit kepala dan demam.

Tanaman cocor bebek yang mirip dengan paruh bebek ini ternyata bisa dijadikan obat herbal yang alami. Hingga dapat meredakan sakit kepala dan demam.

ruber.id merangkum dari berbagai sumber pada Sabtu 28 Agustus 2021.

Berikut manfaat tanaman hias cocor bebek di antaranya adalah:

1. Dapat Meredakan Sakit Kepala
Daun cocor bebek memiliki kandungan seperti asam fomiat, magnesium, glucoside, dan kalsium. Berbagai kandungan yang dimiliki tanaman tersebut ternyata dapat membuat relaksi otot-otot kepala.

Adapun untuk caranya yaitu kita bisa mengunyahnya langsung, atau dengan cara merebus daun tanaman tersebut. Merebusnya jangan terlalu lama, setelah direbus lalu daunnya bisa dijadikan lalapan.

2. Meringankan Sakit Gigi
Tanaman cocor bebek dapat digunakan oleh kita sebagai obat sakit gigi yang sangat menggangu. Yaitu dengan cara ambil empat atau enam helai daun cocor bebek lalu haluskan. Setelah itu tempelkan pada bagian gigi yang sakit, lakukan hal ini secara berulang-ulang sampai sakit pada gigi mereda.

3. Meredakan Demam
Manfaat lain yang dimiliki oleh cocor bebek adalah dapat meredakan demam yang dijadikan bahan pengompres untuk meredakan demam.

Adapun untuk cara penggunaannya yaitu, ambil empat atau enam helai daun cocor bebek lalu tumbuk halus. Setelah itu peras agar berkurang kadar airnya, lalu tempelkan pada dahi.

4. Menghilangkan Jerawat
Jerawat merupakan masalah yang dialami setiap orang. Memiliki jerawat dimuka menjadi penyebab turunnya rasa percaya diri, bila hal itu terjadi kepada kita maka bisa mencoba menggunakan daun ini.

Cara penggunaannya yaitu, dengan cara menghaluskan beberapa lembar daun cocor bebek lalu campurkan dengan air. Setelah itu usapkan pada wajah di bagian yang ada jerawatnya.

Kemudian diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat. Dengan melakukan hal tersebut secara rutin dapat mengurangi jerawat serta bekas jerawat. Bahkan bisa mencegah jerawat muncul kembali.

5. Mengusir Nyamuk
Daun ini juga bisa dijadikan sebagai pengusir nyamuk. Karena daun ini memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk, sehingga nyamuk tidak bisa mendekat kepada tubuh kita.

Adapun caranya yaitu, dengan cara membuat ramuan anti nyamuk yaitu dengan cara menghaluskan beberapa helai daun cocor bebek.

Kemudian tambahkan air dan masukan ke dalam botol spray. Lalu semprotkan ke bagian tubuh kita baik sebelum tidur atau saat mau bepergian.

6. Menyembuhkan Bisul
Untuk menyembuhkan bisul kita bisa melakukan hal ini dengan cara menghaluskan beberapa helai daun cocor bebek dengan air hangat, lalu minum airnya.

Hal tersebut bertujuan untuk menjadikan antiseptik yang bekerja dalam tubuh.

Sisa ramuan tersebut bisa kita tempelkan pada bagian bisul dengan penggunaan yang rutin akan membuat bisul pecah dan mengering. (R002)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles