24.4 C
Indonesia
Selasa, September 21, 2021
spot_img

Cara Hapus Data Whatsapp, Atasi Memori HP Penuh

BERITA TEKNOLOGI, ruber.id: Ketika muncul peringatan memori HP penuh, orang mulai mencari cara hapus data Whatsapp. Berkirim media lewat chat, belum lagi sampah-sampah dari grup, akan memenuhi penyimpanan. Apalagi setelah diperiksa, sebagian besar file tersebut tidak terlalu penting.

Mungkin kamu memiliki seorang kenalan di Whatsapp yang suka mengirim foto dan video. Karena dilakukan terus menerus, penyimpanan HP jadi penuh. Karena ada banyak kontak, kita lupa entah itu kiriman dari siapa.

Awalnya kita menganggap biasa saja, sampai suatu ketika ada pemberitahuan memori HP penuh. Jika sudah penuh, kita pun kebingungan harus mulai menghapus darimana.

BACA JUGA:  Cara Membuat WhatsApp Centang Satu, Meski Sudah Dibaca

Mulai Hapus dari yang Paling Besar

Cara hapus data Whatsapp yang perlu kamu ketahui adalah mulai dari file dengan ukuran paling besar. Biasanya file dengan ukuran besar selalu berupa video. Meski hanya berdurasi beberapa detik, tapi bisa memakan memori HP.

BACA JUGA:  Jadi Aplikasi Perpesanan Paling Digemari, Telegram Saingi WhatsApp

Buka aplikasi Whatsapp dan klik titik tiga di pojok kanan atas. Masuk ke menu Setting atau Pengaturan. Pilih Storage and Data.

Kemudian, klik Manage Storage untuk mengelola penyimpanan. Kamu bisa memilih kategori Larger than 5MB untuk menampilkan file dengan ukuran besar. Ada juga kategori Forwarded Many Times untuk beberapa media yang paling sering disebarkan. Terakhir, ada Chats yang menampilkan percakapan.

Hapus yang Tidak Diperlukan

Pada kategori Chats, terdapat kumpulan percakapan dari setiap kontak Whatsapp. Disini kamu akan tahu, siapa kontak atau grup yang selama ini membuat memori HP penuh. Urutan teratas adalah yang paling banyak memakan memori HP.

BACA JUGA:  Tips WhatsApp untuk si Pelupa, Penting agar Tak Ketinggalan

Pilih kontak orang atau grup yang paling boros memori sebagai cara hapus data Whatsapp. Semua file berupa foto, video, audio dan dokumen yang ada dalam percakapan juga akan ikut terhapus.

BACA JUGA:  Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor, Begini Caranya

Namun, kamu masih bisa mempertahankan beberapa chat. Agar penyimpanan mendapat ruang lebih, hapus chat yang tidak kamu butuhkan.

Setelah membersihkan chat, kamu pun akan menyadari ada beberapa kontak atau grup yang jarang ada interaksi denganmu. Jika selama ini kamu menjadi silent member, kamu bisa keluar dari Grup Whatsapp tanpa ketahuan.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles