27.4 C
Indonesia
Sabtu, Juli 31, 2021
spot_img

Calon Jamaah Haji Pangandaran Meninggal Dunia, Nomor Porsi untuk Siapa?

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Nomor para calon jamaah haji yang sudah terdaftar dapat dialihkan atau digantikan dengan ahli waris bila meninggal dunia sebelum pemberangkatan.

Hingga saat ini, tercatat sebanyak lima calon jamaah di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat yang meninggal dunia sebelum berangkat. Yakni dua orang keberangkatan tahun 2020 dan tiga orang keberangkatan tahun 2021.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh atau PHU Kemenag Pangandaran Ujang Sutaryat mengatakan, calon jamaah yang meninggal dunia sebelum berangkat, nomor porsinya dapat dilimpahkan kepada suami istri, ayah, ibu, anak kandung.

BACA JUGA:  Kemenag Pangandaran Bagikan Ratusan Paket Sembako

“Saudara kandung yang ditunjuk atau disepakati secara tertulis oleh keluarga juga bisa. yang meninggal dunia itu yang batal berangkat di tahun 2020 dan tahun ini. Pemerintah meniadakan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini,” kata Ujang, Senin (14/6/2021).

BACA JUGA:  Derita Kanker Paru-paru Sejak 2018, Anak Sutopo: Semoga Bapak Tidak Merasa Sakit Lagi

Ujang menyebutkan, biaya perjalanan ibadah haji pada tahun 2020 dan 2021 sebesar Rp36 juta. Teknis pembayaran untuk setoran awal Rp25 juta dan sisanya dilunasi saat keberangkatan telah dijadwalkan.

“Antrean keberangkatan semakin padat. Saat ini saja di Kabupaten Pangandaran ada 6.948 jamaah yang sudah mendaftar sejak 11 tahun lalu atau di tahun 2010,” sebutnya.

Sementara itu, dalam satu tahun penyelenggaraan ibadah haji yang diberangkatkan hanya sebanyak 379 orang dari Kabupaten Pangandaran. Jika calon mendaftar di tahun 2021, maka untuk mendapat jadwal keberangkatan harus menunggu 18 tahun mendatang.

BACA JUGA:  Diduga Faktor Asmara, Dua Kakek ini Berduel Sampai Berujung Kematian

“Kami berpesan kepada calon jamaah haji tahun 2020 dan 2021 dimohon bersabar. Karena agenda penundaan keberangkatan mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir,” ucapnya. (R001/smf)

BACA JUGA:  HMI Desak Kemenag Hentikan Guru Perusak Sandal

BACA JUGA: Gagal Berangkat, Calon Jamaah Haji di Pangandaran Diminta Tak Tarik Uang

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles