17.4 C
Indonesia
Minggu, September 19, 2021
spot_img

Bergerak Maju Menuju Industri 4.0, IPDN Adakan Seminar Nasional

PARA peserta bersama narasumber usai seminar nasional di Kampus IPDN, Selasa (29/10/2019). ist/ruber.id

Bergerak Maju Menuju Industri 4.0, IPDN Adakan Seminar Nasional

SUMEDANG, ruber.id — Untuk mempersiapkan diri bergerak menuju Industri 4.0, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) mengadakan seminar nasional, Selasa (29/10/2019).

Seminar yang diikuti ratusan peserta itu dilaksanakan di Gedung Balairung Jenderal Rudini, Kampus IPDN.

Wakil Rektor Bidang Akademik IPDN Detty Mulyati mewakili Plt Rektor IPDN Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan Ismail Nurdin dan para wakil dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan membuka seminar bertema ‘Manajemen Pemerintahan di Era Revolusi Industri 4.0’ itu.

Berdasarkan informasi, sebanyak 244 peserta yang terdiri dari dosen IPDN dan peserta dari luar IPDN (instansi pemerintahan dan universitas selain IPDN) serta 680 praja Fakultas Manajemen Pemerintahan IPDN turut hadir mengikuti seminar nasional ini.

BACA JUGA:  Telur Infertil Rusak Harga Pasar, Peternak Ayam Petelur di Sumedang Keluhkan Omset Turun
BACA JUGA:  Warga Rancakalong Sumedang Hilang di Sungai Cimanuk

Seminar ini merupakan aktivitas ilmiah yang terus dikembangkan di institusi pendidikan tinggi (terutama di IPDN) sebagai bagian dari budaya akademik.

Selain dapat memberikan feedback bagi pengembangan ilmu dan kajian pada suatu studi tertentu, juga diharapkan dapat memberikan masukan kepada pemerintah dan masyarakat.

BACA JUGA: Saat Upacara Sumpah Pemuda, Bupati Sumedang Lepas Peserta Jumbara PMR Tingkat Jabar

Hadir sebagai narasumber yakni Bupati Bone Sulawesi Selatan Andi Fashar M Padjalangi, Walikota Pariaman Sumatera Barat Genius Umar, Sekda Sumedang Jawa Barat Herman Suyatman dan Kepala Riset dan Pengkajian Strategi Pemerintahan IPDN Sadu Wasistiono MS.

Wakil Rektor Bidang Akademik IPDN berharap seminar ini dapat melahirkan pemikiran baru dalam pengembangan baik secara teoritis maupun praktis.

BACA JUGA:  Polsek Jatinangor Sisir Warung Penjual Miras, Puluhan Bungkus Tuak Diamankan

“Jadi selain wahana pembelajaran dan pemutakhiran pergaulan intelektual juga memberikan kemanfaatan bagi civitas akademika IPDN dalam mencermati segala perubahan positif, menuju manajemen pemerintahan yang modern,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Api Knalpot Motor Sambar Bensin 80 Liter: Warung, Rumah dan Bengkel di Rancakalong Sumedang Ludes Terbakar

Sementara Ketua Penyelenggara seminar Ismail Nurdin mengucapkan terima kasih atas respon dan antusiasme yang ditunjukkan oleh masyarakat akademik se-Indonesia, bahkan luar negeri.

“Antusiasme akademik yang diejawantahkan melalui minat yang tinggi dari para akademisi, praktisi dan peneliti untuk berpartisipasi mengambil peran sebagai penulis karya tulis atau artikel ilmiah pada seminar nasional ini,” ujarnya.

Rencananya, acara seminar nasional ini akan dilaksanakan dalam bentuk diskusi panel dengan narasumber perwakilan dosen IPDN.

Di antaranya Rahmawati Sururama, Mustaufik Amin, Basuki Rahmat, Megandaru dan Ahmad Riva’i. Sedangkan Profesor Nurliah Nurdin bertindak sebagai moderator.

BACA JUGA:  Merasa Tidak Ada Kepastian dari Pemda Sumedang, Hiwapa Ancam Kembali Jualan di Tampomas

Selain penyampaian materi-materi mengenai perkembangan industri, seminar kali ini juga memberi kesempatan kepada peserta yang ingin memaparkan hasil karya tulisannya.

Ada sebanyak 80 artikel atau karya tulis yang terkumpul dan 25 di antaranya terpilih untuk dipresentasikan di hadapan seluruh peserta seminar pada sesi pararel nanti. red

Related Articles

1 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles