22.4 C
Indonesia
Selasa, Oktober 26, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Benarkah Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan? Yuk, Cek Faktanya

Ilustrasi minum kopi. net/ruber.id

ruber.id — Bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan, berbagai cara pun dilakukan. Mulai dari mengonsumsi obat diet hingga meminum minuman yang dipercaya bisa turunkan berat badan.

Namun kini, muncul informasi bahwa kopi bisa membantu menurunkan berat badan, benarkah?

Menurut info, diet kopi baru populer di tahun 2017 lalu. Orang yang pertama mempopulerkannya adalah Dr Bob Arnot.

Menurut Arnot, diet dapat dilakukan dengan meminum tiga cangkir kopi yang disangrai sebentar setiap hari dengan dibarengi makan makanan kaya serat.

Kopi yang disangrai dipercaya memiliki kandungan polifenol yang tinggi, sehingga membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Anda bisa memilih kopi versi kafein atau nonkafein (decaf).

BACA JUGA: Begini Nih Cara Praktis Membunuh Virus Flu di Tangan

Namun, selain meminum kopi, Anda disarankan mengonsumsi makanan kaya serat. Jadi, seperti diet Mediterania yang berfokus pada biji-bijian, buah-buahan, sayuran, sumber protein hewani, protein nabati dan lemak sehat seperti minyak zaitun, alpukat dan ikan.

Diet seperti ini umumnya aman, namun sayangnya masih ada kekurangan bukti yang konsisten.

Diet kopi tidak sepenuhnya sehat dan akan berhasil turunkan berat badan. Live Strong, salah satu studi telah membuktikan bahwa tidak ada efek signifikan dari konsumsi kopi dengan asupan energi atau pengosongan lambung.

Berdasarkan data, sampai saat ini tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa kopi dapat membantu mengurangi lemak.

Selain itu, meskipun kopi mengandung antioksidan yang dapat memberikan manfaat kesehatan potensial, namun kopi juga memiliki beberapa efek samping negatif lainnya. Salah satunya dari kandungan kafein yang terdapat pada kopi.

Terlalu banyak kafein dapat meningkatkan kecemasan dan detak jantung lebih cepat. Hal itu tentunya dapat mengganggu pola tidur.

Karena itu, sebaiknya sebelum melakukan pola diet ini, pastikan Anda telah melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi agar bisa menentukan kadar kopi yang tepat. Nah bagaimana, apakah Anda mau mencobanya? red

Related Articles

1 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles