21.4 C
Indonesia
Selasa, November 30, 2021

Begini Cara Telepon dan Video Call WhatsApp dari Laptop

BERITA TEKNO, ruber.id – WhatsApp sebagai salah satu aplikasi messenger terbesar di dunia terus mengembangkan video call untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Karena di masa pandemi, video call sudah menjadi fitur komunikasi tatap muka yang sangat banyak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, bekerja, hiburan dan hal lainnya.

Indonesia merupakan negara terbesar ketiga di dunia dengan 83% penduduknya menggunakan aplikasi WhatsApp.

Pengembangan layanan digital terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam situasi saat ini.

Sekarang WhatsApp juga dapat diakses melalui web dan berbagai cara lain yang diunduh di laptop atau komputer Anda.

Inovasi ini dilakukan Facebook agar bisa bersaing dengan kompetitornya, seperti Zoom dan Google Meet.

Untuk memudahkan pengguna melakukan panggilan dan video call WhatsApp melalui laptop atau desktop.

Cara Telepon dan Video Call WhatsApp di Laptop

Berikut cara melakukan panggilan Video Call WhatsApp di laptop yang perlu Anda ketahui untuk mempermudah aktivitas Anda:

  1. Menggunakan Emulator Aplikasi

•Instal emulator bluestacks.

•Download emulator bluestacks cara call dan video call WhatsApp di laptop pertama. Anda bisa mendownloadnya melalui aplikasi browser yang sering digunakan.

•Selanjutnya tulis alamat browser pada kolom pencarian dan pilih opsi download bluestacks dan tunggu hingga proses selesai.

•Jika ada permintaan untuk meningkatkan akurasi lokasi, Anda dapat memilih opsi “Setuju” atau “Setuju” di halaman. Setelah itu pilih juga opsi “Yes One”.

•Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan dalam aplikasi ini.

•Kemudian masukkan email dan password yang Anda gunakan. Setelah itu, pilih opsi “Yes, I’m Coming”. Kemudian, “Saya Setuju”. Hal ini dilakukan agar akses yang Anda gunakan dapat dengan mudah mengikuti aturan yang ada.

•Aplikasi bluestacks dapat digunakan pada halaman beranda, pilih menu Aplikasi Saya kemudian pilih aplikasi sistem.

BACA JUGA:  Apple Watch Series 7, Hadir dengan Pemantau Gula Darah

•Kemudian klik Google Play, lalu cari fitur WhatsApp di kolom pencarian. Setelah itu klik instal.

Tentu saja, laptop atau PC yang Anda gunakan harus terhubung ke mikrofon. Dan memiliki kamera di perangkat untuk mendukung fitur ini.

Panggilan telepon dan video di WhatsApp juga dienkripsi ujung ke ujung. Dan dapat digunakan dari Windows 10 32 dan 64-bit versi 1903 atau lebih baru dan MacBook macOS 10.13 dan lebih baru.

Anda juga dapat mengunduh aplikasi Whatsapp melalui tautan.

Ketika panggilan masuk, pengguna desktop WhatsApp akan diberi tahu dengan pop-out baru. Tampilannya mirip dengan versi biasanya.

Khusus untuk video call, WhatsApp bisa mengatur orientasi tampilan layar dalam posisi horizontal atau vertikal. Selain itu, panggilan di desktop akan ditampilkan di bagian paling depan.

Dengan cara ini, tidak akan ditumpuk di antara tumpukan lain yang terbuka.

  1. Menggunakan Ruang Pesan

•Akses halaman di web kemudian scan Code dari HP kamu ke barcode yang ada di laptop kamu.

•Klik opsi “lampirkan” atau opsi dengan gambar atau ikon klip di ruang obrolan. Opsi ini biasanya ada di kiri bawah di sebelah ruang pengetikan.

•Setelah itu, pilih opsi “Ruang” atau yang memiliki ikon kamera gambar atau video.

•Setelah itu, sebuah layar akan muncul. Silakan klik “Lanjutkan di Messenger”.

•Anda juga akan secara otomatis ditransfer ke halaman Forum Messenger. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi yang susuai dengan ketentuan yang sudah ada. Jika Anda belum memiliki akun Facebook atau Messenger, silakan daftarkan diri Anda terlebih dahulu.

•Setelah itu, Anda dapat membuat ruang video call melalui Messenger Rooms.

Anda juga dapat membagikan tautan dengan menyalin alamat tautan melalui obrolan WhatsApp.

BACA JUGA:  Tips Bikin Konten TikTok Aman dari Cibiran Netizen

Fitur Baru WhatsApp Terenkripsi

WhatsApp mengonfirmasi bahwa ia tidak dapat mendengarkan, membaca, dan bahkan merekam panggilan pribadi yang dilakukan oleh pengguna. Karena fitur panggilan suara dan video dienkripsi ujung ke ujung.

Tampilan telepon dan video call di WhatsApp desktop mulai diperbarui. Jika Anda belum mendapatkannya, coba unduh WhatsApp versi desktop terbaru.

Jadi, jika laptop atau PC Anda memiliki kualitas yang baik, maka akan mempengaruhi pengambilan gambar dan suara yang hasilnya juga bagus dan optimal.

Cara Video Call WhatsApp Via PC

WhatsApp merupakan aplikasi mobile yang bisa digunakan baik di iOS maupun Android. Anda juga dapat menggunakan WhatsApp di PC.

Video call via WhatsApp menggunakan ponsel sudah hal yang wajar. Namun, tahukah Anda bahwa Anda juga dapat menggunakan PC untuk memulai panggilan video?

Jika belum, teruskan membaca artikel ini sampai Anda menemukan jawabannya.

Di masa pandemi seperti ini, banyak sekali kegiatan yang mendorong kita untuk bertatap muka secara online. Salah satunya dengan menggunakan video call.

Dengan teknologi video call, kegiatan seperti rapat, mengajar dan kegiatan sejenis dapat dilakukan dengan mudah.

Hal ini membuat para pemilik perusahaan teknologi berbasis komunikasi berbondong-bondong mengembangkan teknologinya.

WhatsApp, awalnya hanya aplikasi messenger untuk mengirim pesan melalui chat dan video call secara pribadi.

Kemudian, ini terus berkembang dan memiliki tampilan video call group hingga 4 orang. Hingga saat ini, WhatsApp telah memiliki fitur video group call hingga 8 orang. Berikut pembahasannya.

Cara Video Call dan Voice Call di WhatsApp Menggunakan PC dan WhatsApp Web

  1. Download terlebih dahulu aplikasi WhatsApp desktop di laptop atau PC kamu. Aplikasi ini mendukung versi Windows dan Mac. Anda bisa mendownloadnya di website resmi yang sudah tersedia.
  2. Buka aplikasi web WhatsApp. Saat Anda membuka aplikasi web WhatsApp, Anda akan langsung disuguhkan dengan gambar barcode. Jika itu masalahnya, tugas Anda hanyalah memindai kode batang dari ponsel yang Anda gunakan. Cara scan nya buka aplikasi whatsapp di hp anda, lalu cari icon titik tiga dan pilih “whatsaap web”. Anda akan langsung diminta untuk memindai barcode di PC.
  3. Setelah berhasil memindai barcode di PC, maka Anda telah masuk ke web WhatsApp yang sebenarnya.
  4. Untuk bisa melakukan video call di WhatsApp web caranya sama seperti kamu ingin melakukan panggilan suara yaitu dengan mencari icon video call, lalu tinggal klik saja.
  5. Selanjutnya, klik “izinkan komputer mengakses webcam dan mikrofon”. Perlu diingat, Anda hanya dapat menelepon satu kontak WhatsApp dalam satu waktu.
  6. Selanjutnya, sebuah jendela kecil yang menampilkan status panggilan akan muncul di layar monitor Anda. Jendela kecil mencakup beberapa opsi seperti memutuskan panggilan, mengalihkan panggilan dari video ke suara dan sebaliknya, dan menyesuaikan pengaturan.
BACA JUGA:  Belanja Apa Saja Lebih Mudah via TikTok Shop

Cara Video Call Grup WhatsApp Menggunakan PC dan WhatsApp Web

Jika yang kita bahas tadi adalah cara video call di WhatsApp secara personal, pada bagian kedua ini kita akan membahas cara melakukan video call WhatsApp secara bersamaan atau berkelompok.

Begini caranya:

  1. Buka aplikasi web WhatsApp Anda, lalu pindai kode batang yang disediakan.
  2. Setelah masuk, klik ikon tiga titik dan pilih “buat forum”. Setelah itu, klik “lanjutkan di messenger”.
  3. Anda akan diarahkan ke halaman forum. Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk login ke Facebook Messenger.

Setelah masuk. Klik “buat forum sebagai (nama fb Anda)”. Akan ada link forum yang akan ditampilkan di halaman berikutnya.

Tugas Anda hanyalah menyalin tautan dan membagikannya dengan orang yang ingin Anda video call.

  1. Selesai.

Penulis/Editor: R002

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles