Begini Cara Polisi di Ciamis Sosialisasikan Lalu Lintas kepada Pelajar

  • Bagikan
Img wa
Img wa

CIAMIS, ruber — Dalam rangkaian kegiatan Millenial Road Safety Festival, jajaran Satlantas Polres Ciamis menggelar sosialisasi lalu lintas, Jumat (18/1/2019).

BACA JUGA: Sering Macet, Dishub Ciamis Berlakukan Satu Arah di Jalan Rumah Sakit

Sambil menyosialisasikan lalu lintas, polisi pun membagikan 100 nasi kotak kepada pelajar sehabis salat jumat di Masjid Agung Ciamis. Aksi ini dilaksanakan setiap Jumat.

“Kami bekerjasama dengan Batur Ulin Sakola, dalam rangkaian Millenial Road Safety Festival ini akan melakukan sosialisasi intinya bahwa berkendara itu harus berhati-hati, sambil membagikan 100 nasi kotak, sekaligus Jumat berkah giat bersedekah,” ujar Wakapolres Ciamis Kompol Lalu Wira Sutriana usai sosialisasi.

Dalam giat tersebut dilibatkan sejumlah polwan cantik untuk membagikan nasi kotak sekaligus memberi imbauan kepada para pelajar, supaya tertib dalam berkendara, menggunakan perlengkapan berkendara sesuai standar.

Bahkan yang belum cukup umur diberi pemahaman untuk tidak menggunakan sepeda motor terlebih dulu. 

Dari pantauan, anak-anak sekolah di Ciamis ini sangat antusias, setelah selesai salat Jumat langsung mendatangi stan Millenial Road Safety Festival. Yang paling menggembirakan bagi mereka mendapat makan siang gratis sehabis pulang sekolah.

Wira menjelaskan kecelakaan merupakan salah satu penyebab kematian paling tinggi di Indonesia, hampir 1.8 juta per tahun atau 3500 orang setiap harinya. Angka tersebut didominasi oleh usia produktif 15-40 tahun.

“Kami pilih Masjid Agung memang tempatnya berkumpul masyarakat terutama anak sekolah yang melaksanakan salat Jumat. Jadi sosialisasi ini tidak harus mengumpulkan orang tapi kita mendatangi tempat berkumpulnya orang, kami berkomitmen dilaksanakan setiap Jumat,” kata Wira.

Wira berharap dengan sosialisasi ini pelajar yang menggunakan sepeda motor bisa saling menjaga ketertiban di jalan raya, sehingga dapat menurunkan angka kecelakaan.

“Jadi sosialisasi Millenial Road Safety Festival ini tidak hanya di sekolah, tapi di tempat ibadah juga perlu, seperti masjid yang memang tempat berkumpulnya masyarakat,” ujarnya.

Salah seorang pelajar, Heri, mengaku senang mendapat nasi kotak sekaligus imbauan dari polisi mengenai harus tertib dalam berlalu lintas. Ia berjanji akan lebih berhati-hati saat menggunakan sepeda motor terutama menggunakan helm.

“Ya akan lebih berhati-hati saat naik motor, memang ini demi keselamatan juga,” katanya. dadang

loading…


Baca juga:  Petugas Patroli di Cintarasa Tasikmalaya Bangunkan Sahur Memakai APD
  • Bagikan