Baru 20 Hari Hirup Udara Bebas, Agus Pilih ‘Kembali’ ke Penjara

Img agus kabur
Img agus kabur

PANGANDARAN, ruber – Agus Sisworo (39), warga Narasoma, Kelurahan Purbalingga Wetan, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, kembali harus mendekam di penjara. Padahal Agus, belum satu bulan menghirup udara kebebasan.

Agus diamankan setelah tertangkap basah mencuri satu unit handphone merk Xiomi milik Nasiman (50) warga Dusun Karangsari RT 02/05 Desa Pananjung, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, Rabu (30/01/2019), sekitar 05.00 WIB.

Nasiman mengaku, saat tidur dirinya mendengar suara hingga terbangun, kemudian melihat orang yang keluar dari kamarnya. “Pas bangun, saya melihat hp yang lagi di cas (charge) tidak ada, ya saya langsung kejar pelaku sambil teriak maling,” katanya.

Nasiman menuturkan, pelaku berhasil ditangkap saat berusaha menyalakan motornya di depan rumah Nasiman. Tak lama sejumlah tetangga korban menangkap dan apesnya, Agus harus menerima sejumlah bogem mentah dan tendangan dari massa yang emosi.

Baca juga:  Lulusan SMA Mendominasi, Warga di Pangandaran Lebih Tertarik Kerja di Luar Daerah

“Untung polisi segera datang, pelaku langsung dibawa ke Mapolsek Pangandaran,” tuturnya.

BACA JUGA: Soal Penanganan Limbah Medis di Pangandaran, Dinkes Sanggah Pernyataan DLHK

Di Mapolsek, Kapolsek Pangandaran Kompol Suyadhi melalui Panit I Reskrim Ipda Yaya Koswara menyatakan, tersangka merupakan residivis kasus pencurian yang baru bebas dari LP Nusakambangan pada 10 Januari lalu.

“Sebelumnya pelaku pernah dihukum selama 1,4 tahun di LP Nusakambangan atas kasus Pasal 363 karena mencuri uang dan handphone, kepada petugas pelaku mengaku baru 10 hari tinggal di Pangandaran,” katanya.

Yaya menambahkan, pelaku saat melakukan aksinya menggunakan kendaraan sepeda motor Honda Supra X 125 nopol B 6711 NKM.

“Pelaku beserta barang bukti (motor), sekaligus handphone hasil curian sudah kami amankan, akibat perbuatannya pelaku kami jerat dengan pasal 362 KUHPidana tentang pencurian dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun penjara,” tambahnya.

Baca juga:  Upaya Penuhi Kebutuhan SDM, 187 ASN Pangandaran Disumpah Jabatan

Sementara Agus Sisworo mengaku, dirinya nekad mencuri karena tidak punya uang. Karena aksinya itu, Agus tentunya bukan tak mungkin harus ‘pulang’ ke Lapas Nusakambangan, tempat yang sejatinya membuat dia jera untuk tidak mengulangi tindakan melawan hukum.

“Saya tidak punya uang sepeserpun, akhirnya nekad nyuri handphone, saya juga ngontrak di daerah Cikembulan baru 10 hari,” ungkapnya. (dede ihsan)

loading…