GARUT  

Bareng Kang Mus Preman Pensiun, Libas dan Pemkab Garut Ajak Warga Jaga Kelestarian Alam

Bareng Kang Mus Preman Pensiun, Libas dan Pemkab Garut Ajak Warga Jaga Kelestarian Alam

BERITA GARUT, ruber.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut, melalui Sub Bidang Korodinator Lingkungan melakukan gerakan penanaman pohon di Kampung Pasirbogor, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota, Jumat (20/05/2022).

Sub Kordinator Bidang Lingkungan DLH Kabupaten Garut Ifan menjelaskan, kegiatan kolaborasi ini dalam rangka untuk mengedukasi masyarakat. Sekaligus, mengenalkan tanaman endimi kepada masyaakat sekitar.

“progresnya ke depan, akan dibangun ruang terbuka publik untuk sarana rekreasi masyarakat Ruang Terbuka Hijau (RTH).”

“Kegiatan ini, diharapkan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat tentang jenis tanaman endimi yang ada di Garut. Sehingga, akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar,” katanya.

Sementara, Ketua Lingkungan Anak Bangsa (Libas) Tedi Sutardi menuturkan, program Jumat Menanam ini merupakan Agenda Rutin yang dilakukan sebagai kecintaannya terhadap lingkungan.

Baca juga:  Bupati Garut Sebut 1.9 Juta Jiwa Warganya Masuk DTKS, Tapiā€¦

Di mana, ekosistem lingkungan bagi masyarakat sebagai simbiosis mutualisme. Sehingga cipta edukasi lingkugan akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Di sisi lain, dalam kehidupan bermasyarakat, setiap manusia mempunyai beberapa kewajiban yang harus dilakukan. Mulai dari menjaga kebersihan lingkungan, menciptakan tempat tinggal yang sehat dan nyaman.”

“Kemudian, mematuhi aturan norma yang berlaku, saling menghormati dan membantu tetangga. Hingga merawat kerukunan bersama terhadap lingkungan sekitar,” kata Tedi.

Tedi berharap, agenda rutin Jumat Menanam akan menjadi pelopor untuk memotivasi Kaum Milenial dan masyarakat secara umum untuk lebih mencintai lingkungan dan kebersihan lingkungan sekitar. Dengan sifat gotong royong dalam menjaga dan memelihara lingkungan di masing-masing tempat.

Baca juga:  Usut Kasus di DPRD Garut, Kejari Periksa Legislator hingga Mantan Sekda

Juga, dengan mulai dari rumah sendiri hingga lingkungan sekitar maka dengan begitu kebersihan dan keasrian lingkungan. Akan menjadi pondasi bagi masyarakat sehat dengan topangan penghijauan lingkungan melalui tanaman apa saja.

Dengan melibatkan pemerintahan dan beberapa tokoh masyarakat, maka antusias warga akan lebih produktif dan dapat memahami makna pentingnya menjaga lingkungan melalui penghijauan di lingkungan sekitar.

Jumat Menanam juga turut diramaikan oleh publik figur pesinetron, Kang Mus Preman Pensiun atau Evy Kusnandar.

Hadir pula, Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang melakukan penanaman pohon secara bersama-sama.

Selain itu, warga sekitar juga antusias mengikuti kegiatan hingga meminta foto bersama.

“Kang Evy, dalam kesempatan tersebut turut memberikan edukasi terkait pentingnya menjaga lingkungan sekitar dan memeliharanya dengan baik. Sehingga, lingkungan mendapatkan perhatian dari warga sekitar guna terciptanya lingkungan yang asri, dan hijau,” ucapnya.

Baca juga:  Agen Sembako di Garut Diminta Tanya Kebutuhan Keluarga Penerima Manfaat

Sementara, Kang Mus juga menyoroti terkait masalah sampah di lingkungan ini.

“Kepada masyarakat sekitar, untuk senantiasa mengindahkan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya. Sehingga menjadi asri dan bersih, dan manfaatnya bisa dirasakan juga oleh warga sekitar,” kata Kang Mus.