EKBIS  

Bank BTN Buka Kantor Cabang Pembantu di Soreang

Bank BTN Buka Kantor Cabang Pembantu di Soreang
Kepala Kantor Wilayah 1 Bank BTN Benjamen Sihombing (kedua kiri), Kepala Cabang Bank BTN Bandung Noor Ridlo (kiri), Sekda Kabupaten Bandung Cakra Amiyana (kedua kanan), dan Ketua DPRD Kabupaten Bandung Sugianto (kanan) memotong pita dalam pembukaan KCP Bank BTN Soreang, di Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (17/7/2023). ist/ruber.id

BERITA BISNIS, ruber.id – Bank BTN atau PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. melakukan ekspansi dengan membuka Kantor Cabang Pembantu (KCP) di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Tujuan ekspansi ini, untuk menggarap peluang pertumbuhan sektor properti dan UMKM di wilayah tersebut.

Pendirian jaringan kantor ini juga, bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Kabupaten Bandung dalam memiliki hunian yang layak dan terjangkau.

Kepala Kantor Wilayah 1 Bank BTN, Benjamen Sihombing mengatakan, Kabupaten Bandung merupakan daerah penting bagi pertumbuhan perekonomian di Jawa Barat.

Ia menjelaskan, sektor properti di Kabupaten Bandung telah mencatat pertumbuhan yang stabil lebih dari 30% di wilayah Jawa Barat.

“Dengan hadirnya KCP Soreang, Bank BTN berupaya mendekatkan diri kepada masyarakat Kabupaten Bandung. Terutama, dalam akses pembiayaan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) agar lebih mudah memiliki rumah dan mendapatkan akses kredit lainnya,” jelas Benjamen, usai peresmian KCP BTN Soreang di Soreang, pada hari Senin (17/7/2023).

Baca juga:  Bazar DIGI Ramadhan: Wonderful Moslem Carnival 2023

Benjamen mengatakan, ekspansi Bank BTN di Soreang juga merupakan langkah untuk meningkatkan kinerja Bank BTN di Jawa Barat.

“Dilihat dari target kami di Kanwil I Jabar, pertumbuhan kami tetap sekitar 15% untuk tahun ini. Kedua, kami perlu memiliki strategi untuk mengembangkan semua daerah. Terutama saat ini, kami menganggap Kabupaten Bandung sebagai daerah pertumbuhan baru,” katanya.

Dengan hadirnya KCP BTN Soreang ini, Benjamen berharap dapat menjalin kolaborasi dengan para pelaku usaha properti dan asosiasi.

“Kami melihat, asosiasi pengembang di sini telah berkembang, terutama dengan adanya REI (Real Estate Indonesia), Apersi (Asosiasi Pengembang Rumah Subsidi Indonesia). Dan juga, Himpera (Himpunan Pengembang Pemukiman Rakyat) di daerah ini. Hal ini, akan menjadi stimulator bagi kami untuk menjalin kemitraan dan berkembang bersama mereka,” jelasnya.

Baca juga:  Bertransaksi Obligasi di Pasar Sekunder via bank bjb, Bisa Bawa Pulang Logam Mulia

Selain itu, ia berharap peran aktif dari pemerintah daerah dalam membuka ekosistem bisnis properti yang lebih baik.

Soreang Jadi Poros Pertumbuhan Ekonomi Baru di Jawa Barat

Terlebih, Benjamen memproyeksikan, dalam 5-10 tahun mendatang, Kabupaten Bandung akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru. Seperti halnya Bodetabek terhadap Jakarta pada tahun 1980-an.

“Saya melihat bahwa Soreang akan menjadi daerah pertumbuhan utama di Jawa Barat dalam 10 tahun ke depan. Infrastruktur, jalan, dan teknologi sudah ada di sini. Tinggal bagaimana kita serius dalam mengembangkan dunia properti,” ucapnya.

Selain sektor properti, Bank BTN juga fokus pada pembiayaan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Oleh karena itu, Bank BTN berkomitmen untuk menyediakan lebih banyak Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan kredit modal lainnya guna mendorong pertumbuhan UMKM di Kabupaten Bandung.

Baca juga:  Program Kredit Mesra bank bjb Bantu Permodalan UMKM di Medan

“Selain properti, Bank BTN juga mendukung UMKM di sini, salah satunya melalui KUR dan kredit modal kerja. Hal ini menjadi andalan kami dalam mendukung perekonomian di Kabupaten Bandung,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Cakra Amiyana menyambut baik kehadiran BTN di Kabupaten Bandung.

Cakra berharap, dapat mempercepat pertumbuhan bisnis di wilayahnya yang memiliki banyak perumahan subsidi.

“Saya berharap Bank BTN dapat menyajikan banyak program yang menguntungkan bagi masyarakat Kabupaten Bandung di masa depan,” ujarnya.

Ia juga berharap Bank BTN dapat terus bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung dalam membangun perekonomian yang terus tumbuh setelah pandemi Covid-19.