Wednesday, 8 Jul 2020

Bank bjb dan Pemprov Jawa Barat Sinergi Kembangkan Kredit Mesra

Baca Juga

Pemkab Pangandaran Ajukan 502 Formasi CPNS dan P3K

PANGANADARAN, ruber.id -- Pemkab Pangandaran mengajukan 502 formasi untuk tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K). Kabid Pengembangan...

1448 Peserta Paket B dan C di Sumedang Siap Ikuti UNBK

SUMEDANG, ruber -- Sebanyak 1448 peserta akan mengikuti kegiatan Ujian Nasiomal Berbasis Komputer (UNBK) Paket B dan Paket C di wilayah Kabupaten Sumedang pada...

Erupsi Lagi, Warga Diminta Jauhi Gunung Tangkuban Parahu 1.5 Kilometer

BANDUNG BARAT, ruber -- Sehari paskadibukanya taman wisata alam Gunung Tangkuban Parahu, erupsi freatik kembali terjadi. Sehingga, hari ini, Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi...

Libur Cuti Bersama Bertambah 4 Hari, Wishnutama: Berdampak Positif terhadap Pariwisata

JAKARTA, ruber.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyambut baik surat keputusan bersama tiga menteri terkait penambahan hari libur dan...

Hadir Untuk Seluruh Golongan Masyarakat

SUMEDANG, ruber.id – Bank bjb dan Pemrpov Jawa Barat komitmen untuk terus mengembangkan program bjb Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera).

Diketahui, program ini baru setahun diluncurkan dan telah menuai kesuksesan.

Untuk itu, Bank bjb dan Pemprov Jabar terus berinovasi mengembangkan program pinjaman tanpa bunga dan tanpa agunan ini.

Kredit Mesra sendiri diperuntukkan bagi warga Jawa Barat yang tidak mampu.

Tujuannya, dalam rangka menumbuhkembangkan para pelaku UMKM, yang ingin mendapatkan permodalan dan dapat diproses di tempat-tempat ibadah.

Direktur Utama Bank bjb Yuddy Renaldi menyebutkan, capaian 1 tahun penyaluran bjb Mesra ini, termasuk bjb Mesra bagi penyandang disabilitas.

Yuddy menuturkan hingga bulan Januari 2020, kredit bjb Mesra telah disalurkan kepada 202 rumah ibadah, 383 kelompok, 2.802 orang, 105 kecamatan, 16 kabupaten, dan 6 kota.

“Hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa dalam 1 tahun, program ini telah membantu warga Jawa Barat untuk menjadi Juara Lahir Batin,” ujarnya saat kegiatan SAPAWARGA, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Desa Pakualam, Darmaraja, Sumedang, Sabtu (15/2/2020).

Yuddy mengatakan, setelah menerima program kredit Mesra ini, taraf hidup warga Jawa Barat yang tadinya tidak mampu, naik status menjadi lebih baik.

“Untuk itu, inovasi program kredit Mesra ini akan terus dikembangkan,” sebutnya.

Yuddy menyebutkan, pada tahun 2020 ini, bjb Mesra juga akan diberikan bagi penyandang disabilitas.

Tentunya, kata Yuddy, hal ini sangat membahagiakan dan membanggakan karena seluruh warga di Jawa Barat mendapat akses yang lebih mudah.

“Sehingga dapat memberdayakan diri melalui fasilitas yang diberikan, salah satunya melalui program bjb Mesra ini,” katanya.

Yuddy menyatakan, dalam rangka memperluas penyaluran bjb Mesra, yang dapat diakses oleh penyandang disabilitas, bank bjb menjalin kerjasama dengan Fatayat dan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia.

Kedua organisasi ini, bergerak di bidang pemberdayaan UMKM kepada penyandang disabilitas.

MoU untuk kerjasama ini, ditandatangani Direktur Konsumer dan Ritel Bank bjb Suartini dengan Ketua Fatayat PW Jawa Barat Hirni Zafa Hazefa.

MoU juga ditandatangani antara bjb dengan Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Kustini.

Selain itu, dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan apresiasi kepada DKM Al Mutaqin Cimalaka, Sumedang sebagai DKM yang mampu mengelola kredit bjb Mesra dengan baik.

Bantu Kampung Buricak Burinong dan Kampung Kaos Kaki

Kemudian, diserahkan pula secara simbolis bantuan CSR bank bjb di sektor lingkungan.

Yaitu melalui kegiatan penataan Pantai Buricak Burinong, di Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja.

Serta penyerahan bantuan untuk Kampung Kaos Kaki, di Desa Cikondang, Kecamaran Ganeas.

Yuddy menyebutkan, tujuan dilakukannya penataan Pantai Buricak Burinong ini sendiri sebagai upaya memanfaatkan potensi alam, sehingga keberadaannya dapat memberi nilai lebih

Selain itu, juga untuk meningkatkan nilai perekonomian warga sekitar, sekaligus membantu pemerintah dalam mewujudkan desa yang indah.

Sehingga ke depan, Kampung Buricak Burinong memiliki daya tarik wisatawan dan memacu dalam mewujudkan desa yang maju di sekitar Waduk Jatigede.

Sedangkan, penyerahan bantuan CSR bank bjb untuk Kampung Kaos Kaki, merupakan bentuk kontribusi Bank bjb untuk stimulus dan merupakan bentuk peran aktif dalam menumbuhkan sentra ekonomi warga.

Bantuan untuk Kampung Kaos Kaki ini berupa 6 unit mesin pembuat kaos kaki.

“bank bjb akan terus mendukung program Pemrpov Jawa Barat, terutama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Jawa Barat.”

“Kami berharap, pada tahun 2020 ini, dengan inovasi yang hadir, warga ekonomi mikro dapat tumbuh dan berkembang serta memiliki usaha produktif.”

“Kemudian mengurangi ketergantungan kepada pinjaman informal dan akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta silaturahmi antarwarga makin erat.

“Selain itu, bantuan yang diberikan juga diharapkan dapat memumbuhkan karakter budaya, disiplin ilmu berbisnis dan mengelola keuangan yang baik,” ujar Yuddy. (R003)

Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Vivo Rilis Flagship Teranyar, Peminat X50 dan X50 Pro Cukup Bayar DP Rp500.000

GADGET & TEKNO, ruber.id - Vivo segera meluncurkan ponsel flagship perdananya di Indonesia, yaitu Vivo X50 series. Smartphone flagship seri X dari Vivo...

Ribuan Warga Sumedang Sudah Dites Swab dan Rapid, 2 Pasien Positif Corona Masih Dirawat Intensif

SUMEDANG, ruber.id - Hingga Selasa (7/7/2020), pasien positif corona asal Kecamatan Darmaraja dan Tomo masih dirawat intensif di RSUD Sumedang, Jawa Barat.

Polres Tasikmalaya Ringkus Tiga Pelaku Curanmor, Dua di Antaranya Kakak Beradik

TASIKMALAYA, ruber.id - Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Tasikmalaya berhasil menggagalkan dan menangkap kawanan pelaku curanmor.

Selasa Siang, Pangandaran Juga Diguncang Gempa

PANGANDARAN, ruber.id - Setelah gempa bumi 6.1 Magnitudo menerjang wilayah Jepara, Jawa Tengah, gempa juga terjadi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa...

Gempa 6.1 Magnitudo Guncang Jepara, Netizen: Kebumen Kerasa Banget

KEBUMEN, ruber.id - Gempa berkekuatan 6.1 Magnitudo mengguncang wilayah Jepara, Jawa Tengah, Selasa (7/7/2020) pagi. Gempa terjadi jam 05:54:44...