21.4 C
Indonesia
Kamis, Juli 29, 2021
spot_img

Apa Itu Blind Spot? Simak Penjelasan dan Cara Menghindarinya

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Ketika kita berkendara, bukan hanya pemotor saja yang menggunakan jalan. Ada kendaraan lain yang jauh lebih besar. Kendaraan yang lebih besar dari sepeda motor mempunyai titik area blind spot.

Blind spot merupakan titik buta di mana pengemudi tidak dapat melihatnya. Biasanya titik ini ada ketika Anda mengenderai truk atau bus yang memiliki kapasitas besar.

Area blind spot ada dikarenakan penglihatan orang yang terbatas dan tidak mampu menjangkau seluruh wilayah.

Maka dari itu, pengendara lain yang lebih kecil sebaiknya mengalah dan menghindari area blind spot tersebut. Sebenarnya tidak perlu ditanyakan lagi akibat dari area blind spot itu.

BACA JUGA:  Jangan Asal Pilih, Ini Tip Ganti Handgrip Motor
BACA JUGA:  Ini Alasan Mengapa Kaca Spion Motor Bawaan Lebih Lebar

Banyak sekali kecelakaan terjadi karena para pengendara lain keras kepala ingin berada di area tersebut. Misalnya saat hendak menyalip kendaraan besar.

Berkendara memang tidak hanya memerlukan keberanian. Insting yang tajam dan feeling yang tepat juga diperlukan ketika berkendara.

Sebagai pengendara motor yang bijak, sebaiknya Anda menyimak beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari bahaya dari blind spot ini. Supaya kecelakaan dan hal yang tidak diinginkan lainnya bisa Anda hindari.

Berikut 3 Cara Menghindari Area Blind Spot

Mainkan Feeling dan Insting
Feeling dan insting juga diperlukan ketika Anda mengendarai. Terlebih lagi ketika ingin mendahului kendaraan lain yang lebih besar.

Feeling dan insting sangat diperlukan saat ini. Karena dengan memainkan feeling dan insting kamu bisa mengetahui apakah ini baik dilakukan atau tidak.

BACA JUGA:  Jangan Tertipu, Ini Cara Membedakan Oli Asli atau Palsu

Awasi Laju Kendaraan Besar
Kalau memang Anda terpaksa harus berada di area blind spot tersebut, tentu saja kamu tidak akan bisa memberi kode pada pengemudinya.

BACA JUGA:  Ini Peran Penting Kaca Spion Mobil yang Wajib Diketahui

Karena blind spot memang tidak terlihat sama sekali. Teknik untuk berada di blind spot dan tetap aman adalah mengawasi laju kendaraan tersebut.

Apakah kendaraan besar seperti truk, akan berbelok ke bagian kanan atau ke bagian kiri. Sehingga kamu bisa menebak apakah blind spot yang kamu singgahi itu aman atau tidak.

Bunyikan Klakson atau Mainkan Lampu
Membunyikan klakson itu perlu untuk memberitahu pada sopir bahwa di kanan mereka ada Anda yang sedang mengendarai sepeda motor. Atau kalau tidak mainkan lampu hazard dan lainnya untuk memberi tanda. (CW-006/khairul anam)

BACA JUGA:  Ini Fungsi Tombol Pengunci di Tuas Transmisi Mobil Matik

BACA JUGA: Ini Efeknya Bila Tekanan Ban Mobil Kelebihan atau Kekurangan

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles