21.4 C
Indonesia
Kamis, Juli 29, 2021
spot_img

Ini Efeknya Bila Tekanan Ban Mobil Kelebihan atau Kekurangan

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Pemilik mobil sebaiknya selalu mengecek tekanan ban mobil secara rutin. Selain sebagai perawatan agar Ban bisa tahan lama, pengguna mobil juga bisa merasakan kenyamanan saat berkendara.

Ban merupakan komponen penting. Saking pentingnya, ban bocor menjadi momok menakutkan bagi siapa pun pengendara. Apalagi mereka yang kerap menggunakan mobil.

Tekanan ban harus pas sesuai dengan standarnya. Karena kelebihan dan kekurangan tekanan angin pada ban akan sama-sama memiliki dampak.
Ketika ban mobil kekurangan angin maka ban tersebut akan mudah pecah dan bocor.

Hal inilah yang mendasari mengapa pengguna mobil harus mengecek ban mobil mereka secara rutin.

Jika kekurangan tekanan angin pada ban dapat membuat ban mudah bocor, alangkah baiknya memberi tekanan angin yang lebih supaya ban tidak mudah bocor.

BACA JUGA:  Jangan Sepelekan! Inilah Penyebab Ban Mobil Mudah Pecah
BACA JUGA:  Ban Depan Mobil Cepat Gundul, Simak Penjelasannya

Pemikiran seperti ini juga salah. Karena kelebihan ban akan memiliki efek bagi bannya itu sendiri dan bagi pengemudi mobil tersebut.

Berikut efeknya jika Anda masih saja bandel ingin melebihkan atau mengurangi tekanan angin pada ban mobil:

Ban Mobil Tidak Gesit
Efek yang akan ditimbulkan ketika ban kelebihan tekanan adalah ban mobil membuat mobil tidak gesit lagi. Ban mobil yang kelebihan muatan akan menghambat akselerasi mobil.

Mobil yang biasanya gesit karena tekanan bannya pas, menjadi berkurang karena tidak sanggup menopang tekanan angin yang lebih besar.

Tekanan Ban Meningkat Dua Kali Lipat
Pada dasarnya tekanan angin akan meningkat ketika mobil sedang melaju di atas jalanan. Hal ini disebabkan adanya gesekkan antara ban dan permukaan jalan.

BACA JUGA:  Kencangkan Mur Roda Mobil Ada Caranya, Begini Nih yang Benar
BACA JUGA:  Jangan Sepelekan! Inilah Penyebab Ban Mobil Mudah Pecah

Sehingga ketika Anda menambah tekanan angin pada ban sama saja Anda membiarkan Ban ada meningkat dua kali lipat saat Anda gunakan di jalan.

Ban Mudah Pecah
Karena harus menampung beban di luar kapasitanya, tentu saja membuat ban mobil yang kelebihan tekanan angin akan mudah pecah.

Bagaimana bila menggunakan ban tubbles? Efek yang ditimbulkan sama. Karena permukaan ban akan mudah menipis dengan cepat karena tekanannya yang lebih besar.

Nah setelah mengetahui efek yang ditimbulkan dari tekanan ban mobil yang kelebihan, sebaiknya Anda mengisi angin sesuai standarnya saja. Upaya tersebut untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan. (CW-006/khairul anam)

BACA JUGA: Rantai Motor Berisik, Ini 3 Penyebabnya

BACA JUGA:  Ban Depan Mobil Cepat Gundul, Simak Penjelasannya

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles